Author: ira

Free Things to do in Oslo

Free Things to do in Oslo

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Berhubung apa-apa mahal di Norwegia, semua pengeluaran mesti kami perhitungkan. Kami sudah nyari penginapan termurah tapi bukan dormitory. Makan kebanyakan masak sendiri, bawa lauk dari rumah. Jadi nyari penginapan yang juga menyediakan dapur. Jalan kaki sering atau bawa mobil, tapi nyari parkiran gratis. Dan di Oslo, kebanyakan aktifitas atau destinasi tujuan kami yang bisa bisa dikunjungi secara gratis. Biar dompet gak tambah kurus kering kalau gak kosong melompong. Oslo kota paling ramai di Norwegia. Menurut informasi di internet, penduduknya hampir sejuta jiwa. Kotanya besar, jadi kota ini gak keliatan padet banget. Di pinggiran malah tampak agak sepi. "Sepi banget, gak kerasan," kata seorang Mamas warga Malaysia yang kami jumpai di sebuah museum. Aneka kegiatan budaya serta akt...
Menyetir di Norwegia

Menyetir di Norwegia

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Meski punya kebiasaan mempersiapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ada kalanya Emak memutuskan tempat liburan last minute. Kayak liburan musim gugur ke Norwegia tahun 2016 lalu. Diputuskan ndak sampai seminggu sebelum berangkat. Padahal tak jarang Emak bikin planning suatu liburan sejak enam bulan sebelumnya. Sebelum mengambil keputusan Emak sempat galau. Sudah lama mengincar suatu negara buat dijadikan destinasi. Bahkan beberapa bulan lalu ada tiket sesuai bujet buat destinasi tersebut. Karena gak langsung dibeli (bujet belum ada juga, mau mudik dulu), lepaslah tiket harga miring itu. Berharap ada tawaran lagi, adanya cuma di alam mimpi. Ada tiket agak miring, tapi kudu ngeteng, mampir ke negara lain, trus pindah bandara, naik maskapai lain. Kalau diitung-itung sama ongkos kesana-k...
Merindukan Jelita Menjangan

Merindukan Jelita Menjangan

Featured, Sponsored Post
Wisata bahari selalu jadi andalan keluarga pelancong saat mudik ke tanah air. Kalau kata Adik, nggak seru rasanya, jika pulang ke Indonesia, tapi gak main di laut. Bukan sekadar mandi-mandi di pantai. Si Adik maunya yang ada acara menyeberang pakai perahu buat berenang serta snorkeling. Ya, di Indonesia, memang tempat paling asyik untuk berwisata laut. Pilihannya banyak. Salah satunya, Emak ingin mengajak anak-anak untuk menikmati kecantikan Pulau Menjangan di Buleleng, Bali. (more…)
Kepulauan Faroe: Di Kesunyian Atlantik Utara

Kepulauan Faroe: Di Kesunyian Atlantik Utara

Featured, Kisah Perjalanan
Aktivitas vulkanisme membentuk kepulauan kecil di utara Lautan Atlantik, antara Islandia dan Britania Raya. Delapan belas pulau mini berpenduduk jarang ini bukan destinasi wisata yang ramai. Namun bukan berarti ia tak layak dikunjungi. Saya dan keluarga mampir dua kali di Kepulauan Faroe ketika melakukan wisata kapal pesiar Oktober lalu. Kepulauan ini merupakan wilayah otonomi, di bawah Kerajaan Denmark. Sangat jarang maskapai penerbangan terbang kemari. Jalur laut satu-satunya berangkat dari pelabuhan Hirtshals di Denmark. (more…)
Berburu Tuah Air Karlovy Vary

Berburu Tuah Air Karlovy Vary

Featured, Kisah Perjalanan
Republik Ceko punya banyak destinasi wisata spa. Pemandian air panas dibangun megah, mirip sebuah istana, sebagai tempat tetirah para aristokrat Eropa pada sekitar abad 18. Kota Karlovy Vary atau Carlsbad di utara Ceko memiliki banyak sekali sumber air panas yang dianggap berkhasiat oleh banyak orang. (more…)
Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Featured, Kisah Perjalanan
Kalau dulu setiap jalan-jalan pengen kejar setoran, mendatangi sebanyak mungkin objek wisata di tempat tujuan, sekarang kami jauh lebih santai. Asline, terpaksa slow down #umurgakbisaboong. hehe. Kami pilih objek-objek yang paling disuka oleh anggota keluarga Emak. Tapi yah tetap mempertimbangkan yang lain juga, seh. Di Minsk juga begitu. Emak sudah membuat daftar beberapa lokasi. mempertimbangkan keterjangkauan dan interest. Sebagian dicoret karena ternyata tenaga gak nutut. (more…)
Minsk Sekilas Info

Minsk Sekilas Info

Featured, Info Wisata
Keluarga pelancong sampai Minsk masih sekitar tengah hari. Setelah mengambil bagasi, kami menukar uang. Sebagian ngambil dari atm. Kurs-nya gak jauh beda. Bandara internasional Minsk gak terlalu besar, namun terlihat lumayan modern. Standar bandara-bandara Eropa masa kini. Kami pilih option termurah untuk sampai ke pusat kota. Bandara ini agak  jauh dari pusat kota. Sekitar satu jam-an naik bus kota. Tiketnya bisa dibeli di loket deket tempat mangkal bus. Atau beli langsung ke sopir busnya. Di pusat kota, kami turun di stasiun kereta api pusat. Dari situ tinggal jalan ke stasiun metro terdekat. Lalu beli tiket metro menuju penginapan yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. (more…)
Lima Hari Bebas Visa Belarus

Lima Hari Bebas Visa Belarus

Featured, Info Wisata
Alhamdulillah, ya, sedikit demi sedikit nambah jumlah negara yang memberikan lampu hijau, alias bebas visa buat pemegang paspor hijau bergambar garuda tercinta. Termasuk yang mulai berlaku 12 Februari tahun 2017, yakni bebas visa 5 hari ke Belarus kepada 80 negara, pun berlaku buat warga negara Indonesia. Padahal sebelumnya, Belarus termasuk agak ribet visa masuknya. Pernah Emak ceki2 persyaratannya, dulu. Kudu pakai undangan seperti laiknya visa Rusia.  Tentunya tujuan dibukanya kran bebas visa ini untuk meningkatkan kunjungan ke Balarusia. Termasuk bussiness trip, turisme, serta kunjungan pribadi bagi pemegang paspor reguler. Oh ya, kebijakan bebas visa Belarus ini gak berlaku bagi mereka yang terbang dari atau ke Rusia, ya. Katanya karena ada beberapa penerbangan yang gak pakai cek visa
Seputaran Kuil Meiji Tokyo

Seputaran Kuil Meiji Tokyo

Featured, Kisah Perjalanan
Seminggu berada di Tokyo, serta punya waktu efektif jalan-jalan selama 6 hari, tak banyak tempat Emak eksplor. Ditambah lagi jetlag di dua hari pertama, plus gempor di hari-hari berikutnya, memperlambat langkah Emak di ibukota negeri Sakura ini. Halte jauhnya nyaris sekilo meter. Belum lagi naik turun metro, sungguh menyita waktu dan tenaga. Dan penginapan kami ke destinasi-destinasi wisata utama kota aja, paling nggak memakan waktu setengah hingga sejam sekali jalan. Sempat dua kali Emak berada di seputaran Kuil Meiji. Pertama, hari sudah agak sore. Dan kami salah turun halte metro. Rencana ke Kuil Meiji, kami malah turun di halte Yoyogi Koen. Mestinya ada halte lebih dekat, yakni Meijijingu-Mae. Kirain dari Yoyogi koen atau Taman Yoyogi dah deket, eh ternyata agak jauh, jalannya nanja...
Surabaya Revisited

Surabaya Revisited

Featured, Info Wisata
Belasan tahun, bahkan hampir dua dasawarsa Emak telah meninggalkan kota ini. Akan tetapi, ia selalu di hati. Lima tahun bukan masa singkat untuk dilupakan begitu saja. Sayangnya selama bertahun-tahun di Surabaya, rasanya Emak baru mengunjungi sedikit sekali bagian kotanya. Selain wilayah kampus di Keputih, Mulyosari, Gebang dan sekitarnya, yang pernah Emak kunjungi palingan mall-mall-nya saja. Galaxy Mall, Plaza Surabaya, Tunjungan Plaza, Jembatan Merah Plaza, dan Pasar Turi. Selain itu, Emak akrab dengan Gramedia Kertajaya, Toga Mas,  Terminal Bungurasih dan Stasiun Gubeng. Dan kini Emak menyesal. Ya ampun, guwe ngapain ajah sih, di Surabaya? Kok ngiternya situ-situ doang! Sekarang, pelan-pelan Emak tebus penyesalan. Sedikit demi sedikit, jikalau mampir Surabaya, Emak kunjungi tempat-t