Author: ira

Old Town Hostel: Budget Staying in Style in Montenegro

Old Town Hostel: Budget Staying in Style in Montenegro

Featured, Info Wisata
Banyak warga Eropa berhasil mempertahankan peninggalan-peninggalan arsitektur mereka. Jembatan kuno, gereja, benteng-benteng, gedung-gedung telah berganti-ganti abad. Namun masih setia berdiri. Sebagian dimiliki oleh pemerintah, institusi, atau keturunan suatu keluarga berabad lamanya. Sebagian gedung berubah fungsi. Kebanyakan jadi museum, rumah makan, penginapan, atau tetap menjadi tempat tinggal. meski tentunya tak semua tetap seperti sedia kala. Tentunya ada modifikasi di sana-sini. Emak suka gedung-gedung tua. Kalau masuk, kadang membayangkan gimana sih hidup mereka zaman dahulu. Apalagi kastil-kastil yang kayak di negeri dongeng. Banyak loh, yang sudah jadi penginapan eksklusif dan bisa kita sewa atau inapi. Yang eksklusif biasanya masih dimiliki oleh keluarga keturunan ningrat. B...
Destinasi Wisata Mainstream Armenia

Destinasi Wisata Mainstream Armenia

Featured, Kisah Perjalanan
Armenia ini indah banget. Walaupun gak punya lautan, ia punya danau luas mirip sebuah laut. Turisnya belum terlalu banyak. Apalagi di musim dingin. Banyak travel agent menawarkan aneka daytrip dengan harga relatif terjangkau. Bisa lewat internet. Atau kalau sedang berada di Yerevan, tinggal pergi ke Republic square. Di mana mobil-mobil box memajang iklan tur dan dan kita bisa mengulik informasi tentangnya secara langsung lewat pekerjanya. Jika Emak perhatikan, harga-harga yang ditawarkan bersaing. Paketannya pun mirip-mirip. Akan tetapi keluarga pelancong tidak ambil tur paketan sama sekali ketika berada di Armenia. Murah sih murah, tapi kalau dihitung buat empat orang, tetap berasa agak mahal. Sempat ada wacana untuk meminjam mobil sendiri untuk beberapa hari. Tapi melihat salju menump...
Kota Pink Yerevan

Kota Pink Yerevan

Featured, Kisah Perjalanan
Yerevan, atau Eriwan, ibukota Armenia moderen, sejatinya merupakan salah kota tertua di dunia. Cikal bakalnya adalah Erebuni, sebuah benteng yang didirikan oleh Raja Argishti I, tahun 782 sebelum masehi. Kota ini terus didiami manusia, dan kini berkembang menjadi sebuah kota metropolitan. Akan tetapi, karena lokasinya di wilayah perang dan tempat rebutan kekuasaan, Armenia diinvasi oleh berbagai kekuatan: Turki, Arab, Persia, serta Rusia. Ia juga berkali rata dengan tanah serta menjadi korban gempa bumi dasyat. Yerevan menjadi ibukota Armenia setelah perang dunia kedua, tanggal 20 November 1920. Tepatnya menjadi ibukota Republik Sosialis Sovyet Armenia. Salah satu dari 15 negara bagian Uni Sovyet. Di bawah Uni Sovyet pula, Yerevan bertransformasi. Dari sebuah kota kecil ke sebuah kota m...
Seseruan di Great Montenegro Tour

Seseruan di Great Montenegro Tour

Featured, Kisah Perjalanan
Walau hampir semua itinerary perjalanan kami buat sendiri, dan kami melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang kami pilih sendiri, keluarga pelancong sama sekali tidak anti ikutan tur yang diselenggarakan oleh agen perjalanan. Tur kadang menjadi pilihan lebih tepat untuk menikmati waktu perjalanan kami. Seperti saat ke Irlandia dulu, kami pilih ikutan tur. Dengan waktu terbatas, kami bisa mengunjungi berbagai tempat yang susah atau jarang dicapai oleh kendaraan umum. Tur-tur wisata memang cocok bagi mereka yang punya waktu terbatas, namun ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Atau buat mereka yang nggak punya waktu untuk membuat rencana perjalanan sendiri. (more…)
Mengunjungi Armenia di Musim Dingin

Mengunjungi Armenia di Musim Dingin

Featured, Info Wisata
Negara atau destinasi tujuan keluarga pelancong sering membuat kerabat, kenalan, handai taulan kami mengangkat alis tinggi ketika kami sebutkan, saat mereka bertanya, kemana kami liburan ini? Setelah dijawab, hampir selalu ada pertanyaan lanjutan atau keheranan. Memang ada apa di sana? Itu tempatnya aman? Gak takut kenapa-kenapa kalau ke sana? Sampai ┬áketika kami memilih Armenia sebagai bahan kunjungan musim dingin tahun 2016 lalu, banyak reaksi keheranan kami terima. Bukannya di sana temperatur bakal lebih dingin dibanding di Jerman? Ngapain ke sana musim dingin? Mau lihat apa di sana? Ndak ada tempat lain untuk dikunjungi, apa? Kok ndak milih destinasi yang hangat saja? (more…)
Visa on Arrival Armenia

Visa on Arrival Armenia

Featured, Info Wisata
Negeri Armenia di Kaukasus termasuk salah satu negara yang memberikan kemudahan bagi Warga Negara Indonesia dan banyak warga negara dunia lainnya untuk mengunjungi. Mereka menawarkan fasilitas Visa on Arrival. Kemudahan yang memang memudahkan sekali bagi penyuka traveling seperti kami. Kalau ada tiket promo ke tempat-tempat incaran, tinggal booking, dan gak perlu pusing dengan urusan visa. Dan setahun terakhir alhamdulillah, beberapa negara mulai memberlakukan bebas visa masuk, atau setidaknya Visa on Arrival bagi WNI. Seperti Belarus, Ukraina, dan yang terakhir, Qatar. Yay. (more…)
Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Featured, Kisah Perjalanan
Mengunjungi Eropa, salah satu pemandangan yang sering kita lihat adalah kastil, istana, atau pun benteng kuno. Ukurannya dan bentuknya bervariasi. Usia mereka ratusan tahun, atau beberapa mencapai lebih dari seribu tahun. Dahulu dimiliki oleh para penguasa lokalan. Semacam raja kecil yang memiliki pasukan serta rakyat yang dibawahinya. Para penguasa ini mengabdi kepada para raja yang menguasai wilayah lebih luas. Kini, sebagian istana atau benteng masih dimiliki oleh garis keturunan asli, sebagian dibeli oleh pemerintah setempat untuk dijadikan monumen sejarah atau museum. Kebanyakan jadi tempat wisata. Emak suka terkesima menyaksikan benteng-benteng kuno. Temboknya sangat tinggi dan tebal. Tingginya bisa mencapai belasan meter, tebal temboknya bisa mencapai 5 meter. Semakain kuat t...
Montenegro Revisited

Montenegro Revisited

Featured, Kisah Perjalanan
Melewati negara pegunungan hitam atau Montenegro di tepi Lautan Adriatik, dalam perjalanan menuju Albania, keluarga pelancong tak ingin sekadar lewat. Kesempatan berharga seperti ini harus dimanfaatkan sebaiknya. Meski sudah pernah kemari setahun lalu, kami belum selesai dengan Montenegro. Masih banyak tempat ingin kami sambangi. Emak pun masih terkenang-kenang akan keramahan pemilik Villa Dobrota yang kami inapi. Serta kecantikan unik negeri yang sebagian besar terdiri dari pegunungan ini. (more…)
Dubrovnik di Musim Panas

Dubrovnik di Musim Panas

Featured, Kisah Perjalanan
Entah apa yang menjadikan karir kota Dubrovnik sebagai tujuan wisata semakin moncer. Apatah sebab dijadikan salah satu setting serial top Game of Thrones beberapa tahun terakhir? Strategi promosi wisata pemerintah lokal sangat berhasil memikat hati para wisatawan? Kotanya semakin cakep dan fasilitas semakin lengkap? Atau karena keluarga pelancong datang di saat kurang tepat? Datang ketika semua orang bercuti liburan musim panas? Embuhlah. Yang jelas, kota ini serasa penuh sesak, dan terasa sangat mahal. Diserbu ribuan atau mungkin puluhan ribu turis saat kami di sana musim panas tahun ini. (more…)
Napak Tilas Jejak Sang Maestro di Museum Affandi Yogyakarta

Napak Tilas Jejak Sang Maestro di Museum Affandi Yogyakarta

Sponsored Post
Para pecinta seni, khususnya seni rupa, pasti tidak asing lagi dengan nama Affandi. Pelukis beraliran ekspresionisme ini adalah salah satu pelukis paling produktif di Indonesia semasa hidupnya. Affandi Koesoema, si pelukis tersohor ini, rupanya punya sebuah museum yang bisa kamu kunjungi untuk menyusuri jejak sejarah dan karyanya. Museum yang terletak di pinggir Sungai Gajah Wong, Yogyakarta ini, berhasil merekam cerita hidup dan karya-karya besar sang Maestro seni lukis Indonesia. (more…)