Featured

Seseruan di Great Montenegro Tour

Seseruan di Great Montenegro Tour

Featured, Kisah Perjalanan
Walau hampir semua itinerary perjalanan kami buat sendiri, dan kami melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang kami pilih sendiri, keluarga pelancong sama sekali tidak anti ikutan tur yang diselenggarakan oleh agen perjalanan. Tur kadang menjadi pilihan lebih tepat untuk menikmati waktu perjalanan kami. Seperti saat ke Irlandia dulu, kami pilih ikutan tur. Dengan waktu terbatas, kami bisa mengunjungi berbagai tempat yang susah atau jarang dicapai oleh kendaraan umum. Tur-tur wisata memang cocok bagi mereka yang punya waktu terbatas, namun ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Atau buat mereka yang nggak punya waktu untuk membuat rencana perjalanan sendiri. (more…)
Mengunjungi Armenia di Musim Dingin

Mengunjungi Armenia di Musim Dingin

Featured, Info Wisata
Negara atau destinasi tujuan keluarga pelancong sering membuat kerabat, kenalan, handai taulan kami mengangkat alis tinggi ketika kami sebutkan, saat mereka bertanya, kemana kami liburan ini? Setelah dijawab, hampir selalu ada pertanyaan lanjutan atau keheranan. Memang ada apa di sana? Itu tempatnya aman? Gak takut kenapa-kenapa kalau ke sana? Sampai ┬áketika kami memilih Armenia sebagai bahan kunjungan musim dingin tahun 2016 lalu, banyak reaksi keheranan kami terima. Bukannya di sana temperatur bakal lebih dingin dibanding di Jerman? Ngapain ke sana musim dingin? Mau lihat apa di sana? Ndak ada tempat lain untuk dikunjungi, apa? Kok ndak milih destinasi yang hangat saja? (more…)
Visa on Arrival Armenia

Visa on Arrival Armenia

Featured, Info Wisata
Negeri Armenia di Kaukasus termasuk salah satu negara yang memberikan kemudahan bagi Warga Negara Indonesia dan banyak warga negara dunia lainnya untuk mengunjungi. Mereka menawarkan fasilitas Visa on Arrival. Kemudahan yang memang memudahkan sekali bagi penyuka traveling seperti kami. Kalau ada tiket promo ke tempat-tempat incaran, tinggal booking, dan gak perlu pusing dengan urusan visa. Dan setahun terakhir alhamdulillah, beberapa negara mulai memberlakukan bebas visa masuk, atau setidaknya Visa on Arrival bagi WNI. Seperti Belarus, Ukraina, dan yang terakhir, Qatar. Yay. (more…)
Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Featured, Kisah Perjalanan
Mengunjungi Eropa, salah satu pemandangan yang sering kita lihat adalah kastil, istana, atau pun benteng kuno. Ukurannya dan bentuknya bervariasi. Usia mereka ratusan tahun, atau beberapa mencapai lebih dari seribu tahun. Dahulu dimiliki oleh para penguasa lokalan. Semacam raja kecil yang memiliki pasukan serta rakyat yang dibawahinya. Para penguasa ini mengabdi kepada para raja yang menguasai wilayah lebih luas. Kini, sebagian istana atau benteng masih dimiliki oleh garis keturunan asli, sebagian dibeli oleh pemerintah setempat untuk dijadikan monumen sejarah atau museum. Kebanyakan jadi tempat wisata. Emak suka terkesima menyaksikan benteng-benteng kuno. Temboknya sangat tinggi dan tebal. Tingginya bisa mencapai belasan meter, tebal temboknya bisa mencapai 5 meter. Semakain kuat t...
Montenegro Revisited

Montenegro Revisited

Featured, Kisah Perjalanan
Melewati negara pegunungan hitam atau Montenegro di tepi Lautan Adriatik, dalam perjalanan menuju Albania, keluarga pelancong tak ingin sekadar lewat. Kesempatan berharga seperti ini harus dimanfaatkan sebaiknya. Meski sudah pernah kemari setahun lalu, kami belum selesai dengan Montenegro. Masih banyak tempat ingin kami sambangi. Emak pun masih terkenang-kenang akan keramahan pemilik Villa Dobrota yang kami inapi. Serta kecantikan unik negeri yang sebagian besar terdiri dari pegunungan ini. (more…)
Dubrovnik di Musim Panas

Dubrovnik di Musim Panas

Featured, Kisah Perjalanan
Entah apa yang menjadikan karir kota Dubrovnik sebagai tujuan wisata semakin moncer. Apatah sebab dijadikan salah satu setting serial top Game of Thrones beberapa tahun terakhir? Strategi promosi wisata pemerintah lokal sangat berhasil memikat hati para wisatawan? Kotanya semakin cakep dan fasilitas semakin lengkap? Atau karena keluarga pelancong datang di saat kurang tepat? Datang ketika semua orang bercuti liburan musim panas? Embuhlah. Yang jelas, kota ini serasa penuh sesak, dan terasa sangat mahal. Diserbu ribuan atau mungkin puluhan ribu turis saat kami di sana musim panas tahun ini. (more…)
Keliling Kota Tua Zadar

Keliling Kota Tua Zadar

Featured, Kisah Perjalanan
Kroasia termasuk salah satu negara yang sangat serius menggarap sektor pariwisatanya. Kekayaan alam, budaya, mereka kembangkan, sehingga menarik perhatian banyak sekali orang untuk datang. Plus fasilitas pendukung seperti jalan raya, penginapan, dll, sudah sangat bagus. Semuanya tak hanya digunakan untuk menjaring turis-turis berkantong tebel. Turis bermodal pas-pasan tapi pengen eksis semacam keluarga pelancong pun mereka perhatikan. Tempat-tempat kemping murah meriah punya fasilitas memadai. Dan pantai-pantainya sebagian besar bisa dimasuki gratis. Walau tetep aja, daerah ramai turis seperti Durovnik terasa makin mahal bagi pelancong berpoket pas-pasan seperti kami. (more…)
Camping Trip di Balkan

Camping Trip di Balkan

Featured, Kisah Perjalanan
Sebenarnya road trip kali ini gak tepat jika disebut sebagai camping trip. Wong porsi tidur si tempat kemping jauh lebih sedikit dibanding nginep di hostel atau apartemen. Harga penginapan di wilayah Balkan tergolong murah. Ndak jauh ama harga kemping. Makanya kami lebih pilih tidur di penginapan saja. Sudah lama sekali kami tidak kemping. Bapak dan anak-anak terakhir kemping di Legoland Jerman. Sedangkan Emak terakhir kemping ke Belgia. Sehingga perjalanan kemping kali ini bikin excited sekaligus khawatir. Bisa apa nggak kami beradaptasi dengan ketidaknyamanan lagi? (more…)
Road Trip Keluarga Pelancong ke Semenanjung Balkan

Road Trip Keluarga Pelancong ke Semenanjung Balkan

Featured, Kisah Perjalanan
Pengennya sih, liburan musim panas tahun ini mudik ke tanah air. Apa daya, harga tiket ke arah Asean melambung tinggi. Sampai tiga minggu sebelum liburan anak-anak tiba, belum juga ada tanda-tanda harga tiket bakal turun, dan sesuai bujet kami. Padahal, kami perlu juga punya plan B, kalau-kalau gak jadi mudik. Akhirnya, dengan berat hati, rencana mudik kami batalkan. Gak perlu waktu lama buat menemukan plan B tersebut. Udah lama Emak pengen ke Albania. Akan tetapi, ke negara tersebut, jarang ada penerbangan murah dari bandara dekat rumah. Ada penerbangan murah, tapi banyakan dari kota-kota Italia. Kami punya waktu liburan tiga minggu. Cukuplah dipakai road trip ke sana plus mengunjungi beberapa negara lainnya. Hasilnya, kami pun berhasil mengunjungi tiga negara baru: Albania, Makedo...
Pengalaman Naik Maskapai Ukraina International

Pengalaman Naik Maskapai Ukraina International

Featured, Info Wisata
Sebelumnya gak kebayang kami mau lewat Ukraina dan naik maskapai internasionalnya. Berita tentang pesawat Malaysia Airlines yang jatuh di sini bikin keder. Akan tetapi beberapa tahun terakhir maskapai ini telah mencuri perhatian Emak. Awalnya ketika mengecek harga tiket suatu destinasi. Harganya bikin ngiler. Meski demikian, rasa ragu tetap ada. Aman gak ya? Browsing-browsing berita, katanya ia sedang berekspansi, dan buka-buka beberapa destinasi baru. Destinasi-destinasi tersebut bikin ngiler. Beberapa merupakan tempat incaran yang belum pernah #keluargapelancong kunjungi. Dan katanya kondisi di sana pun sudah semakin aman. Jadi ketika akhir tahun lalu ada tiket murah maskapai ini dari Brussel ke Yerevan, Armenia, kami pun memutuskan: berangkat! (more…)