Kisah Perjalanan

Menyetir di Norwegia

Menyetir di Norwegia

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Meski punya kebiasaan mempersiapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ada kalanya Emak memutuskan tempat liburan last minute. Kayak liburan musim gugur ke Norwegia tahun 2016 lalu. Diputuskan ndak sampai seminggu sebelum berangkat. Padahal tak jarang Emak bikin planning suatu liburan sejak enam bulan sebelumnya. Sebelum mengambil keputusan Emak sempat galau. Sudah lama mengincar suatu negara buat dijadikan destinasi. Bahkan beberapa bulan lalu ada tiket sesuai bujet buat destinasi tersebut. Karena gak langsung dibeli (bujet belum ada juga, mau mudik dulu), lepaslah tiket harga miring itu. Berharap ada tawaran lagi, adanya cuma di alam mimpi. Ada tiket agak miring, tapi kudu ngeteng, mampir ke negara lain, trus pindah bandara, naik maskapai lain. Kalau diitung-itung sama ongkos kesana-k...
Kepulauan Faroe: Di Kesunyian Atlantik Utara

Kepulauan Faroe: Di Kesunyian Atlantik Utara

Featured, Kisah Perjalanan
Aktivitas vulkanisme membentuk kepulauan kecil di utara Lautan Atlantik, antara Islandia dan Britania Raya. Delapan belas pulau mini berpenduduk jarang ini bukan destinasi wisata yang ramai. Namun bukan berarti ia tak layak dikunjungi. Saya dan keluarga mampir dua kali di Kepulauan Faroe ketika melakukan wisata kapal pesiar Oktober lalu. Kepulauan ini merupakan wilayah otonomi, di bawah Kerajaan Denmark. Sangat jarang maskapai penerbangan terbang kemari. Jalur laut satu-satunya berangkat dari pelabuhan Hirtshals di Denmark. (more…)
Berburu Tuah Air Karlovy Vary

Berburu Tuah Air Karlovy Vary

Featured, Kisah Perjalanan
Republik Ceko punya banyak destinasi wisata spa. Pemandian air panas dibangun megah, mirip sebuah istana, sebagai tempat tetirah para aristokrat Eropa pada sekitar abad 18. Kota Karlovy Vary atau Carlsbad di utara Ceko memiliki banyak sekali sumber air panas yang dianggap berkhasiat oleh banyak orang. (more…)
Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Featured, Kisah Perjalanan
Kalau dulu setiap jalan-jalan pengen kejar setoran, mendatangi sebanyak mungkin objek wisata di tempat tujuan, sekarang kami jauh lebih santai. Asline, terpaksa slow down #umurgakbisaboong. hehe. Kami pilih objek-objek yang paling disuka oleh anggota keluarga¬†Emak. Tapi yah tetap mempertimbangkan yang lain juga, seh. Di Minsk juga begitu. Emak sudah membuat daftar beberapa lokasi. mempertimbangkan keterjangkauan dan interest. Sebagian dicoret karena ternyata tenaga gak nutut. (more…)
Seputaran Kuil Meiji Tokyo

Seputaran Kuil Meiji Tokyo

Featured, Kisah Perjalanan
Seminggu berada di Tokyo, serta punya waktu efektif jalan-jalan selama 6 hari, tak banyak tempat Emak eksplor. Ditambah lagi jetlag di dua hari pertama, plus gempor di hari-hari berikutnya, memperlambat langkah Emak di ibukota negeri Sakura ini. Halte jauhnya nyaris sekilo meter. Belum lagi naik turun metro, sungguh menyita waktu dan tenaga. Dan penginapan kami ke destinasi-destinasi wisata utama kota aja, paling nggak memakan waktu setengah hingga sejam sekali jalan. Sempat dua kali Emak berada di seputaran Kuil Meiji. Pertama, hari sudah agak sore. Dan kami salah turun halte metro. Rencana ke Kuil Meiji, kami malah turun di halte Yoyogi Koen. Mestinya ada halte lebih dekat, yakni Meijijingu-Mae. Kirain dari Yoyogi koen atau Taman Yoyogi dah deket, eh ternyata agak jauh, jalannya nanja...
Destinasi Wisata Mainstream Armenia

Destinasi Wisata Mainstream Armenia

Featured, Kisah Perjalanan
Armenia ini indah banget. Walaupun gak punya lautan, ia punya danau luas mirip sebuah laut. Turisnya belum terlalu banyak. Apalagi di musim dingin. Banyak travel agent menawarkan aneka daytrip dengan harga relatif terjangkau. Bisa lewat internet. Atau kalau sedang berada di Yerevan, tinggal pergi ke Republic square. Di mana mobil-mobil box memajang iklan tur dan dan kita bisa mengulik informasi tentangnya secara langsung lewat pekerjanya. Jika Emak perhatikan, harga-harga yang ditawarkan bersaing. Paketannya pun mirip-mirip. Akan tetapi keluarga pelancong tidak ambil tur paketan sama sekali ketika berada di Armenia. Murah sih murah, tapi kalau dihitung buat empat orang, tetap berasa agak mahal. Sempat ada wacana untuk meminjam mobil sendiri untuk beberapa hari. Tapi melihat salju menump...
Kota Pink Yerevan

Kota Pink Yerevan

Featured, Kisah Perjalanan
Yerevan, atau Eriwan, ibukota Armenia moderen, sejatinya merupakan salah kota tertua di dunia. Cikal bakalnya adalah Erebuni, sebuah benteng yang didirikan oleh Raja Argishti I, tahun 782 sebelum masehi. Kota ini terus didiami manusia, dan kini berkembang menjadi sebuah kota metropolitan. Akan tetapi, karena lokasinya di wilayah perang dan tempat rebutan kekuasaan, Armenia diinvasi oleh berbagai kekuatan: Turki, Arab, Persia, serta Rusia. Ia juga berkali rata dengan tanah serta menjadi korban gempa bumi dasyat. Yerevan menjadi ibukota Armenia setelah perang dunia kedua, tanggal 20 November 1920. Tepatnya menjadi ibukota Republik Sosialis Sovyet Armenia. Salah satu dari 15 negara bagian Uni Sovyet. Di bawah Uni Sovyet pula, Yerevan bertransformasi. Dari sebuah kota kecil ke sebuah kota m...
Seseruan di Great Montenegro Tour

Seseruan di Great Montenegro Tour

Featured, Kisah Perjalanan
Walau hampir semua itinerary perjalanan kami buat sendiri, dan kami melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang kami pilih sendiri, keluarga pelancong sama sekali tidak anti ikutan tur yang diselenggarakan oleh agen perjalanan. Tur kadang menjadi pilihan lebih tepat untuk menikmati waktu perjalanan kami. Seperti saat ke Irlandia dulu, kami pilih ikutan tur. Dengan waktu terbatas, kami bisa mengunjungi berbagai tempat yang susah atau jarang dicapai oleh kendaraan umum. Tur-tur wisata memang cocok bagi mereka yang punya waktu terbatas, namun ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Atau buat mereka yang nggak punya waktu untuk membuat rencana perjalanan sendiri. (more…)
Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Featured, Kisah Perjalanan
Mengunjungi Eropa, salah satu pemandangan yang sering kita lihat adalah kastil, istana, atau pun benteng kuno. Ukurannya dan bentuknya bervariasi. Usia mereka ratusan tahun, atau beberapa mencapai lebih dari seribu tahun. Dahulu dimiliki oleh para penguasa lokalan. Semacam raja kecil yang memiliki pasukan serta rakyat yang dibawahinya. Para penguasa ini mengabdi kepada para raja yang menguasai wilayah lebih luas. Kini, sebagian istana atau benteng masih dimiliki oleh garis keturunan asli, sebagian dibeli oleh pemerintah setempat untuk dijadikan monumen sejarah atau museum. Kebanyakan jadi tempat wisata. Emak suka terkesima menyaksikan benteng-benteng kuno. Temboknya sangat tinggi dan tebal. Tingginya bisa mencapai belasan meter, tebal temboknya bisa mencapai 5 meter. Semakain kuat t...
Montenegro Revisited

Montenegro Revisited

Featured, Kisah Perjalanan
Melewati negara pegunungan hitam atau Montenegro di tepi Lautan Adriatik, dalam perjalanan menuju Albania, keluarga pelancong tak ingin sekadar lewat. Kesempatan berharga seperti ini harus dimanfaatkan sebaiknya. Meski sudah pernah kemari setahun lalu, kami belum selesai dengan Montenegro. Masih banyak tempat ingin kami sambangi. Emak pun masih terkenang-kenang akan keramahan pemilik Villa Dobrota yang kami inapi. Serta kecantikan unik negeri yang sebagian besar terdiri dari pegunungan ini. (more…)