Kisah Perjalanan

Kota Pink Yerevan

Kota Pink Yerevan

Featured, Kisah Perjalanan
Yerevan, atau Eriwan, ibukota Armenia moderen, sejatinya merupakan salah kota tertua di dunia. Cikal bakalnya adalah Erebuni, sebuah benteng yang didirikan oleh Raja Argishti I, tahun 782 sebelum masehi. Kota ini terus didiami manusia, dan kini berkembang menjadi sebuah kota metropolitan. Akan tetapi, karena lokasinya di wilayah perang dan tempat rebutan kekuasaan, Armenia diinvasi oleh berbagai kekuatan: Turki, Arab, Persia, serta Rusia. Ia juga berkali rata dengan tanah serta menjadi korban gempa bumi dasyat. Yerevan menjadi ibukota Armenia setelah perang dunia kedua, tanggal 20 November 1920. Tepatnya menjadi ibukota Republik Sosialis Sovyet Armenia. Salah satu dari 15 negara bagian Uni Sovyet. Di bawah Uni Sovyet pula, Yerevan bertransformasi. Dari sebuah kota kecil ke sebuah kota m...
Seseruan di Great Montenegro Tour

Seseruan di Great Montenegro Tour

Featured, Kisah Perjalanan
Walau hampir semua itinerary perjalanan kami buat sendiri, dan kami melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang kami pilih sendiri, keluarga pelancong sama sekali tidak anti ikutan tur yang diselenggarakan oleh agen perjalanan. Tur kadang menjadi pilihan lebih tepat untuk menikmati waktu perjalanan kami. Seperti saat ke Irlandia dulu, kami pilih ikutan tur. Dengan waktu terbatas, kami bisa mengunjungi berbagai tempat yang susah atau jarang dicapai oleh kendaraan umum. Tur-tur wisata memang cocok bagi mereka yang punya waktu terbatas, namun ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Atau buat mereka yang nggak punya waktu untuk membuat rencana perjalanan sendiri. (more…)
Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Sistem Pertahanan Kota Tua Kotor

Featured, Kisah Perjalanan
Mengunjungi Eropa, salah satu pemandangan yang sering kita lihat adalah kastil, istana, atau pun benteng kuno. Ukurannya dan bentuknya bervariasi. Usia mereka ratusan tahun, atau beberapa mencapai lebih dari seribu tahun. Dahulu dimiliki oleh para penguasa lokalan. Semacam raja kecil yang memiliki pasukan serta rakyat yang dibawahinya. Para penguasa ini mengabdi kepada para raja yang menguasai wilayah lebih luas. Kini, sebagian istana atau benteng masih dimiliki oleh garis keturunan asli, sebagian dibeli oleh pemerintah setempat untuk dijadikan monumen sejarah atau museum. Kebanyakan jadi tempat wisata. Emak suka terkesima menyaksikan benteng-benteng kuno. Temboknya sangat tinggi dan tebal. Tingginya bisa mencapai belasan meter, tebal temboknya bisa mencapai 5 meter. Semakain kuat t...
Montenegro Revisited

Montenegro Revisited

Featured, Kisah Perjalanan
Melewati negara pegunungan hitam atau Montenegro di tepi Lautan Adriatik, dalam perjalanan menuju Albania, keluarga pelancong tak ingin sekadar lewat. Kesempatan berharga seperti ini harus dimanfaatkan sebaiknya. Meski sudah pernah kemari setahun lalu, kami belum selesai dengan Montenegro. Masih banyak tempat ingin kami sambangi. Emak pun masih terkenang-kenang akan keramahan pemilik Villa Dobrota yang kami inapi. Serta kecantikan unik negeri yang sebagian besar terdiri dari pegunungan ini. (more…)
Dubrovnik di Musim Panas

Dubrovnik di Musim Panas

Featured, Kisah Perjalanan
Entah apa yang menjadikan karir kota Dubrovnik sebagai tujuan wisata semakin moncer. Apatah sebab dijadikan salah satu setting serial top Game of Thrones beberapa tahun terakhir? Strategi promosi wisata pemerintah lokal sangat berhasil memikat hati para wisatawan? Kotanya semakin cakep dan fasilitas semakin lengkap? Atau karena keluarga pelancong datang di saat kurang tepat? Datang ketika semua orang bercuti liburan musim panas? Embuhlah. Yang jelas, kota ini serasa penuh sesak, dan terasa sangat mahal. Diserbu ribuan atau mungkin puluhan ribu turis saat kami di sana musim panas tahun ini. (more…)
Keliling Kota Tua Zadar

Keliling Kota Tua Zadar

Featured, Kisah Perjalanan
Kroasia termasuk salah satu negara yang sangat serius menggarap sektor pariwisatanya. Kekayaan alam, budaya, mereka kembangkan, sehingga menarik perhatian banyak sekali orang untuk datang. Plus fasilitas pendukung seperti jalan raya, penginapan, dll, sudah sangat bagus. Semuanya tak hanya digunakan untuk menjaring turis-turis berkantong tebel. Turis bermodal pas-pasan tapi pengen eksis semacam keluarga pelancong pun mereka perhatikan. Tempat-tempat kemping murah meriah punya fasilitas memadai. Dan pantai-pantainya sebagian besar bisa dimasuki gratis. Walau tetep aja, daerah ramai turis seperti Durovnik terasa makin mahal bagi pelancong berpoket pas-pasan seperti kami. (more…)
Camping Trip di Balkan

Camping Trip di Balkan

Featured, Kisah Perjalanan
Sebenarnya road trip kali ini gak tepat jika disebut sebagai camping trip. Wong porsi tidur si tempat kemping jauh lebih sedikit dibanding nginep di hostel atau apartemen. Harga penginapan di wilayah Balkan tergolong murah. Ndak jauh ama harga kemping. Makanya kami lebih pilih tidur di penginapan saja. Sudah lama sekali kami tidak kemping. Bapak dan anak-anak terakhir kemping di Legoland Jerman. Sedangkan Emak terakhir kemping ke Belgia. Sehingga perjalanan kemping kali ini bikin excited sekaligus khawatir. Bisa apa nggak kami beradaptasi dengan ketidaknyamanan lagi? (more…)
Road Trip Keluarga Pelancong ke Semenanjung Balkan

Road Trip Keluarga Pelancong ke Semenanjung Balkan

Featured, Kisah Perjalanan
Pengennya sih, liburan musim panas tahun ini mudik ke tanah air. Apa daya, harga tiket ke arah Asean melambung tinggi. Sampai tiga minggu sebelum liburan anak-anak tiba, belum juga ada tanda-tanda harga tiket bakal turun, dan sesuai bujet kami. Padahal, kami perlu juga punya plan B, kalau-kalau gak jadi mudik. Akhirnya, dengan berat hati, rencana mudik kami batalkan. Gak perlu waktu lama buat menemukan plan B tersebut. Udah lama Emak pengen ke Albania. Akan tetapi, ke negara tersebut, jarang ada penerbangan murah dari bandara dekat rumah. Ada penerbangan murah, tapi banyakan dari kota-kota Italia. Kami punya waktu liburan tiga minggu. Cukuplah dipakai road trip ke sana plus mengunjungi beberapa negara lainnya. Hasilnya, kami pun berhasil mengunjungi tiga negara baru: Albania, Makedo...
Megahnya Gedung Parlemen Romania

Megahnya Gedung Parlemen Romania

Featured, Kisah Perjalanan
Rasa-rasanya tidak terlalu banyak objek wisata kami datangi selama 5 hari di ibukota Rumania, Bukarest. Keluarga pelancong berkutat di pusat kota saja. Yang agak minggir, cuma ke Muzeul Satului. Cuaca dingin, emang suka bikin males. Lebih seneng ngendon di kamar penginapan saja. Biasanya kami naik metro ke pusat kota. Lalu ngiter-ngiter dalam kota jalan kaki. Balik naik metro lagi menuju penginapan. Pusat kota Bukarest mayan luas. Jalannya bikin gempor. Surprisingly, gedung-gedungnya megah. Katanya seh Bukarest ini julukannya Paris of the East. Di bulan Februari, turisnya keliatan tidak banyak. Orangnya juga gak terlalu kepo. Nyamanlah keliling kota ini. Paling nggak enaknya ya itu, dingin. (more…)
Makam Nabi Yusha dan Syuaib di Al-Salt

Makam Nabi Yusha dan Syuaib di Al-Salt

Featured, Kisah Perjalanan
Al-Salt, yang jaraknya hanya beberapa kilometer, sekitar setengah jam perjalanan mobil, di luar kota Amman, Yordania, merupakan sebuah kota pertanian sejak zaman kuno. Kota ini berkembang pesat ketika Turki Usmani menjadi penguasa. Mulanya kami meremehkan Al-Salt. Mengira bakal mudah mencari lokasi wisata religi tujuan. Kami tak menyangka kalau kota kecil ini sangat padat. Konturnya berbukit-bukit. Kami tak mengetahui secara pasti dimana letak makam nabi-nabi yang ingin kami kunjungin. Bayangan saya, ah di kota kecil ini, pasti ada orang yang bisa ditanyai. Dan kami yakin bahwa akan menemukan papan petunjuk jalan ke arah sana. (more…)