Info Wisata

Free Things to do in Oslo

Free Things to do in Oslo

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Berhubung apa-apa mahal di Norwegia, semua pengeluaran mesti kami perhitungkan. Kami sudah nyari penginapan termurah tapi bukan dormitory. Makan kebanyakan masak sendiri, bawa lauk dari rumah. Jadi nyari penginapan yang juga menyediakan dapur. Jalan kaki sering atau bawa mobil, tapi nyari parkiran gratis. Dan di Oslo, kebanyakan aktifitas atau destinasi tujuan kami yang bisa bisa dikunjungi secara gratis. Biar dompet gak tambah kurus kering kalau gak kosong melompong. Oslo kota paling ramai di Norwegia. Menurut informasi di internet, penduduknya hampir sejuta jiwa. Kotanya besar, jadi kota ini gak keliatan padet banget. Di pinggiran malah tampak agak sepi. "Sepi banget, gak kerasan," kata seorang Mamas warga Malaysia yang kami jumpai di sebuah museum. Aneka kegiatan budaya serta akt...
Menyetir di Norwegia

Menyetir di Norwegia

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Meski punya kebiasaan mempersiapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ada kalanya Emak memutuskan tempat liburan last minute. Kayak liburan musim gugur ke Norwegia tahun 2016 lalu. Diputuskan ndak sampai seminggu sebelum berangkat. Padahal tak jarang Emak bikin planning suatu liburan sejak enam bulan sebelumnya. Sebelum mengambil keputusan Emak sempat galau. Sudah lama mengincar suatu negara buat dijadikan destinasi. Bahkan beberapa bulan lalu ada tiket sesuai bujet buat destinasi tersebut. Karena gak langsung dibeli (bujet belum ada juga, mau mudik dulu), lepaslah tiket harga miring itu. Berharap ada tawaran lagi, adanya cuma di alam mimpi. Ada tiket agak miring, tapi kudu ngeteng, mampir ke negara lain, trus pindah bandara, naik maskapai lain. Kalau diitung-itung sama ongkos kesana-k...
Minsk Sekilas Info

Minsk Sekilas Info

Featured, Info Wisata
Keluarga pelancong sampai Minsk masih sekitar tengah hari. Setelah mengambil bagasi, kami menukar uang. Sebagian ngambil dari atm. Kurs-nya gak jauh beda. Bandara internasional Minsk gak terlalu besar, namun terlihat lumayan modern. Standar bandara-bandara Eropa masa kini. Kami pilih option termurah untuk sampai ke pusat kota. Bandara ini agak  jauh dari pusat kota. Sekitar satu jam-an naik bus kota. Tiketnya bisa dibeli di loket deket tempat mangkal bus. Atau beli langsung ke sopir busnya. Di pusat kota, kami turun di stasiun kereta api pusat. Dari situ tinggal jalan ke stasiun metro terdekat. Lalu beli tiket metro menuju penginapan yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. (more…)
Lima Hari Bebas Visa Belarus

Lima Hari Bebas Visa Belarus

Featured, Info Wisata
Alhamdulillah, ya, sedikit demi sedikit nambah jumlah negara yang memberikan lampu hijau, alias bebas visa buat pemegang paspor hijau bergambar garuda tercinta. Termasuk yang mulai berlaku 12 Februari tahun 2017, yakni bebas visa 5 hari ke Belarus kepada 80 negara, pun berlaku buat warga negara Indonesia. Padahal sebelumnya, Belarus termasuk agak ribet visa masuknya. Pernah Emak ceki2 persyaratannya, dulu. Kudu pakai undangan seperti laiknya visa Rusia.  Tentunya tujuan dibukanya kran bebas visa ini untuk meningkatkan kunjungan ke Balarusia. Termasuk bussiness trip, turisme, serta kunjungan pribadi bagi pemegang paspor reguler. Oh ya, kebijakan bebas visa Belarus ini gak berlaku bagi mereka yang terbang dari atau ke Rusia, ya. Katanya karena ada beberapa penerbangan yang gak pakai cek visa
Surabaya Revisited

Surabaya Revisited

Featured, Info Wisata
Belasan tahun, bahkan hampir dua dasawarsa Emak telah meninggalkan kota ini. Akan tetapi, ia selalu di hati. Lima tahun bukan masa singkat untuk dilupakan begitu saja. Sayangnya selama bertahun-tahun di Surabaya, rasanya Emak baru mengunjungi sedikit sekali bagian kotanya. Selain wilayah kampus di Keputih, Mulyosari, Gebang dan sekitarnya, yang pernah Emak kunjungi palingan mall-mall-nya saja. Galaxy Mall, Plaza Surabaya, Tunjungan Plaza, Jembatan Merah Plaza, dan Pasar Turi. Selain itu, Emak akrab dengan Gramedia Kertajaya, Toga Mas,  Terminal Bungurasih dan Stasiun Gubeng. Dan kini Emak menyesal. Ya ampun, guwe ngapain ajah sih, di Surabaya? Kok ngiternya situ-situ doang! Sekarang, pelan-pelan Emak tebus penyesalan. Sedikit demi sedikit, jikalau mampir Surabaya, Emak kunjungi tempat-t
Old Town Hostel: Budget Staying in Style in Montenegro

Old Town Hostel: Budget Staying in Style in Montenegro

Featured, Info Wisata
Banyak warga Eropa berhasil mempertahankan peninggalan-peninggalan arsitektur mereka. Jembatan kuno, gereja, benteng-benteng, gedung-gedung telah berganti-ganti abad. Namun masih setia berdiri. Sebagian dimiliki oleh pemerintah, institusi, atau keturunan suatu keluarga berabad lamanya. Sebagian gedung berubah fungsi. Kebanyakan jadi museum, rumah makan, penginapan, atau tetap menjadi tempat tinggal. meski tentunya tak semua tetap seperti sedia kala. Tentunya ada modifikasi di sana-sini. Emak suka gedung-gedung tua. Kalau masuk, kadang membayangkan gimana sih hidup mereka zaman dahulu. Apalagi kastil-kastil yang kayak di negeri dongeng. Banyak loh, yang sudah jadi penginapan eksklusif dan bisa kita sewa atau inapi. Yang eksklusif biasanya masih dimiliki oleh keluarga keturunan ningrat. B...
Mengunjungi Armenia di Musim Dingin

Mengunjungi Armenia di Musim Dingin

Featured, Info Wisata
Negara atau destinasi tujuan keluarga pelancong sering membuat kerabat, kenalan, handai taulan kami mengangkat alis tinggi ketika kami sebutkan, saat mereka bertanya, kemana kami liburan ini? Setelah dijawab, hampir selalu ada pertanyaan lanjutan atau keheranan. Memang ada apa di sana? Itu tempatnya aman? Gak takut kenapa-kenapa kalau ke sana? Sampai  ketika kami memilih Armenia sebagai bahan kunjungan musim dingin tahun 2016 lalu, banyak reaksi keheranan kami terima. Bukannya di sana temperatur bakal lebih dingin dibanding di Jerman? Ngapain ke sana musim dingin? Mau lihat apa di sana? Ndak ada tempat lain untuk dikunjungi, apa? Kok ndak milih destinasi yang hangat saja? (more…)
Visa on Arrival Armenia

Visa on Arrival Armenia

Featured, Info Wisata
Negeri Armenia di Kaukasus termasuk salah satu negara yang memberikan kemudahan bagi Warga Negara Indonesia dan banyak warga negara dunia lainnya untuk mengunjungi. Mereka menawarkan fasilitas Visa on Arrival. Kemudahan yang memang memudahkan sekali bagi penyuka traveling seperti kami. Kalau ada tiket promo ke tempat-tempat incaran, tinggal booking, dan gak perlu pusing dengan urusan visa. Dan setahun terakhir alhamdulillah, beberapa negara mulai memberlakukan bebas visa masuk, atau setidaknya Visa on Arrival bagi WNI. Seperti Belarus, Ukraina, dan yang terakhir, Qatar. Yay. (more…)
Pengalaman Naik Maskapai Ukraina International

Pengalaman Naik Maskapai Ukraina International

Featured, Info Wisata
Sebelumnya gak kebayang kami mau lewat Ukraina dan naik maskapai internasionalnya. Berita tentang pesawat Malaysia Airlines yang jatuh di sini bikin keder. Akan tetapi beberapa tahun terakhir maskapai ini telah mencuri perhatian Emak. Awalnya ketika mengecek harga tiket suatu destinasi. Harganya bikin ngiler. Meski demikian, rasa ragu tetap ada. Aman gak ya? Browsing-browsing berita, katanya ia sedang berekspansi, dan buka-buka beberapa destinasi baru. Destinasi-destinasi tersebut bikin ngiler. Beberapa merupakan tempat incaran yang belum pernah #keluargapelancong kunjungi. Dan katanya kondisi di sana pun sudah semakin aman. Jadi ketika akhir tahun lalu ada tiket murah maskapai ini dari Brussel ke Yerevan, Armenia, kami pun memutuskan: berangkat! (more…)
Wakaf Gazi Husrev Bey di Sarajevo

Wakaf Gazi Husrev Bey di Sarajevo

Featured, Info Wisata
Sarajevo, ibukota negara Bosnia – Herzegovina, merupakan tempat pertemuan budaya timur dan barat di Eropa. Sebuah kota di Eropa dengan nuansa Islam kental. Berjalan-jalan di Bascarsija, kota tua sekaligus jantung Sarajevo, kita akan merasakan suasana Eropa yang berbeda. Suara azan akan berkumandang, bersahutan, lima kali sehari. Menyemarakkan suasana Bascarsija yang tak banyak berubah sejak ratusan silam. Ketika Turki Usmani masih menjadi penguasa negeri ini. Sarajevo mulai berkembang ketika Turki menjadikannya salah satu propinsinya. Gazi Husrev Bey, merupakan salah satu gubernur terkemuka, sekaligus tokoh penting dalam sejarah Bosnia. Beliau lahir di Serres, di Yunani sekarang. Di akhir abad 15 masehi. (more…)