Info Wisata

Wisata Belanja Tokyo

Wisata Belanja Tokyo

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Aslinya seh Emak ndak belanja banyak selama di Tokyo. Bujet terbatas, dan apa-apa terasa mahal di sana. Padahal udah ngirit makan dengan masak nasi sendiri di penginapan. Yang Emak banyak lakukan adalah berkeliling ke beberapa tempat belanja. Alias banyakan cuci matanya. Menurut sebuah situs, Tokyo ini seperti sebuah kota besar yang terdiri dari banyak kota. Pusat keramaiannya gak di satu tempat. Melainkan banyak. Hampir di setiap tempat selalu penuh pengunjung. Warga lokal maupun turis. Di antara banyak pusat keramaian tersedut tidak terlalu banyak yang Emak sambangi. Yah, tenaganya gak sebanding dengan keinginan. Pengennya memaksimalkan kunjungan ke Tokyo. Tapi sebab jet lag dan tepat jalan kaki, naik turun tangga kesana kemari, keinginan tersebut harus dikubur hingga inti bumi. M...
Tokyo for Beginner

Tokyo for Beginner

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
I always had a sense that I would fall in love with Tokyo. In retrospect I guess it's not that surprising. I was of the generation that had grown up in the '80s when Japan was ascendant (born aloft by a bubble whose burst crippled its economy for decades), and I'd fed on a steady diet of anime and samurai films. [Junot Diaz] Well, that's not 100 percent accurate. Walau masa Emak tumbuh  memang dipengaruhi oleh manga, anime, dan dorama jadul, namun porsinya sama dengan telenovela dari Amerika Latin, film India, dan MTV. Akan tetapi, beberapa produk Jepang sangat mengesankan Emak. Seperti film Oshin, manga Candy Candy (team Terry), dan dorama Tokyo Love Story (I'm team Rika, lol). (more…)
Kenalan dengan Jember, Yuk!

Kenalan dengan Jember, Yuk!

Featured, Info Wisata
Rindu selalu datang setiap kali saya mengingat tanah kelahiran. Dulu, saat masih tinggal di sana rasanya biasa saja. Kini, setelah berjarak, ia begitu istimewa. Waktu mudik yang singkat selalu saya gunakan sebaiknya untuk menjelajahinya. Jember, tempat orang tua dan handai taulan bersisa. Pembangunan fisik Jember sangat pesat. Setiap kali pulang kampung, selalu saya pangling menatapnya. Gedung-gedung baru bermunculan. Pilihan tempat belanja semakin banyak. Jalan raya penuh kuda besi. Kini ia sudah punya bandara. Memudahkan kami menuju Surabaya. Teringat masa kecil dahulu. Kami tinggal di perumahan dikelilingi sawah. Yang juga menjadi tempat bermain kami, selain sungai belakang rumah. Jika mau mandi di sungai, saya dan teman-teman berjalan sekira satu kilometer ke Kali Bedadung. S...
Penginapan Murah Norwegia

Penginapan Murah Norwegia

Featured, Info Wisata
Bawa euro, tapi apa-apa masih terasa mahal di Norwegia. Lha euro yang dibawa emang ndak sebanding ama biaya hidup di negeri ini. Jadinya bujet kudu ditekan serendah mungkin, biar tekan (sampai) Norwegia. Termasuk pula bujet penginapan. Selama di negara Skandinavia yang negaranya besar, kaya minyak dan penduduknya relatif jarang ini (sekitar 5,3 juta jiwa tahun 2016), keluarga pelancong menginap di dua kota. Oslo dan Bergen. Oslo tiga malem, Bergen dua. Dua-duanya pakai budget accommodation. Walau milih yang murah, kami punya syarat milih penginapan. Kalau lagi bawa mobil sendiri, tentu kudu nyari penginapan yang ada parkirannya. Kalau bisa yang parkirannya gratisan. Kedua, kami gak mau pilih yang dormitory. Dan gak bisa juga seh, sebab bawa anak-anak. So, private room  yang ada perk
Bentang Alam Menakjubkan Islandia

Bentang Alam Menakjubkan Islandia

Featured, Info Wisata
Islandia merupakan negeri impian pecinta keindahan alam dan petualangan. Sebuah negeri berpenghuni jarang, dimana kekuatan alam membentuk lanskap penuh magis. Rasanya tak mungkin kita melakukan perjalanan di negeri di utara Atlantik ini, tanpa terpesona kemolekan alamnya. Itu pula yang saya rasakan selama perjalanan dua hari di negeri pulau ini. Waktu singkat tersebut saya dan keluarga manfaatkan untuk menyusuri bagian timur laut Islandia. Negara satu ini lokasinya terisolasi. Tak heran jika akses ke sana masih jarang. Ada beberapa penerbangan dari kota-kota besar Eropa daratan menuju Reykjavik, ibukota Islandia. Satu-satunya jalur laut bisa ditempuh dari Hirtshals, ujung utara Denmark. Menuju pelabuhan Seydisfjordur di bagian timur Islandia. Kami menggunakan jalur laut. (more&he...
Free Things to do in Oslo

Free Things to do in Oslo

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Berhubung apa-apa mahal di Norwegia, semua pengeluaran mesti kami perhitungkan. Kami sudah nyari penginapan termurah tapi bukan dormitory. Makan kebanyakan masak sendiri, bawa lauk dari rumah. Jadi nyari penginapan yang juga menyediakan dapur. Jalan kaki sering atau bawa mobil, tapi nyari parkiran gratis. Dan di Oslo, kebanyakan aktifitas atau destinasi tujuan kami yang bisa bisa dikunjungi secara gratis. Biar dompet gak tambah kurus kering kalau gak kosong melompong. Oslo kota paling ramai di Norwegia. Menurut informasi di internet, penduduknya hampir sejuta jiwa. Kotanya besar, jadi kota ini gak keliatan padet banget. Di pinggiran malah tampak agak sepi. "Sepi banget, gak kerasan," kata seorang Mamas warga Malaysia yang kami jumpai di sebuah museum. Aneka kegiatan budaya serta akt...
Menyetir di Norwegia

Menyetir di Norwegia

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Meski punya kebiasaan mempersiapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ada kalanya Emak memutuskan tempat liburan last minute. Kayak liburan musim gugur ke Norwegia tahun 2016 lalu. Diputuskan ndak sampai seminggu sebelum berangkat. Padahal tak jarang Emak bikin planning suatu liburan sejak enam bulan sebelumnya. Sebelum mengambil keputusan Emak sempat galau. Sudah lama mengincar suatu negara buat dijadikan destinasi. Bahkan beberapa bulan lalu ada tiket sesuai bujet buat destinasi tersebut. Karena gak langsung dibeli (bujet belum ada juga, mau mudik dulu), lepaslah tiket harga miring itu. Berharap ada tawaran lagi, adanya cuma di alam mimpi. Ada tiket agak miring, tapi kudu ngeteng, mampir ke negara lain, trus pindah bandara, naik maskapai lain. Kalau diitung-itung sama ongkos kesana-k...
Minsk Sekilas Info

Minsk Sekilas Info

Featured, Info Wisata
Keluarga pelancong sampai Minsk masih sekitar tengah hari. Setelah mengambil bagasi, kami menukar uang. Sebagian ngambil dari atm. Kurs-nya gak jauh beda. Bandara internasional Minsk gak terlalu besar, namun terlihat lumayan modern. Standar bandara-bandara Eropa masa kini. Kami pilih option termurah untuk sampai ke pusat kota. Bandara ini agak  jauh dari pusat kota. Sekitar satu jam-an naik bus kota. Tiketnya bisa dibeli di loket deket tempat mangkal bus. Atau beli langsung ke sopir busnya. Di pusat kota, kami turun di stasiun kereta api pusat. Dari situ tinggal jalan ke stasiun metro terdekat. Lalu beli tiket metro menuju penginapan yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. (more…)
Lima Hari Bebas Visa Belarus

Lima Hari Bebas Visa Belarus

Featured, Info Wisata
Alhamdulillah, ya, sedikit demi sedikit nambah jumlah negara yang memberikan lampu hijau, alias bebas visa buat pemegang paspor hijau bergambar garuda tercinta. Termasuk yang mulai berlaku 12 Februari tahun 2017, yakni bebas visa 5 hari ke Belarus kepada 80 negara, pun berlaku buat warga negara Indonesia. Padahal sebelumnya, Belarus termasuk agak ribet visa masuknya. Pernah Emak ceki2 persyaratannya, dulu. Kudu pakai undangan seperti laiknya visa Rusia.  Tentunya tujuan dibukanya kran bebas visa ini untuk meningkatkan kunjungan ke Balarusia. Termasuk bussiness trip, turisme, serta kunjungan pribadi bagi pemegang paspor reguler. Oh ya, kebijakan bebas visa Belarus ini gak berlaku bagi mereka yang terbang dari atau ke Rusia, ya. Katanya karena ada beberapa penerbangan yang gak pakai cek visa
Surabaya Revisited

Surabaya Revisited

Featured, Info Wisata
Belasan tahun, bahkan hampir dua dasawarsa Emak telah meninggalkan kota ini. Akan tetapi, ia selalu di hati. Lima tahun bukan masa singkat untuk dilupakan begitu saja. Sayangnya selama bertahun-tahun di Surabaya, rasanya Emak baru mengunjungi sedikit sekali bagian kotanya. Selain wilayah kampus di Keputih, Mulyosari, Gebang dan sekitarnya, yang pernah Emak kunjungi palingan mall-mall-nya saja. Galaxy Mall, Plaza Surabaya, Tunjungan Plaza, Jembatan Merah Plaza, dan Pasar Turi. Selain itu, Emak akrab dengan Gramedia Kertajaya, Toga Mas,  Terminal Bungurasih dan Stasiun Gubeng. Dan kini Emak menyesal. Ya ampun, guwe ngapain ajah sih, di Surabaya? Kok ngiternya situ-situ doang! Sekarang, pelan-pelan Emak tebus penyesalan. Sedikit demi sedikit, jikalau mampir Surabaya, Emak kunjungi tempat-t