Lebih Pilih Mana, Online Booking atau Direct Booking?

Sumber gambar :  Quotationof.com
Sumber gambar : Quotationof.com

Traveling saat ini sudah berkembang dari yang sebelumnya menjadi hobi atau pun dilakukan karena suatu keperluan, menjadi bagian dari gaya hidup yang dinilai begitu ‘kekinian’. Online booking untuk tiket pesawat dan hotel untuk mengatur perjalanan semau kita dan sesuai dengan kebutuhan adalah teman baik bagi banyak traveler, namun tidak jarang ada juga traveler yang lebih menyukai direct booking. Online booking vs direct booking? Perbandingannya gimana sih? Nah berikut ini ulasan perbandingan dari keduanya:

Promo dan Diskon

Kita bisa mendapatkan promo dan diskon untuk mendapatkan harga terbaik, baik melalui direct booking ataupun online booking. Hanya saja dengan online booking maka kita bisa mengetahui lebih awal diskon yang sedang berjalan dan diberlakukan, karena biasanya kita akan menerima pemberitahuan promo dan diskon terbaru melalui email. Sementara dengan direct booking, kita baru mengetahui promo harganya jika datang untuk melakukan reservasi langsung atau melalui mulut ke mulut, informasi diskon yang seperti ini berkemungkinan membuat kita ketinggalan masa promonya.

Biaya Administrasi

Biaya administrasi ini biasanya dibebankan pada total akhir transaksi, jumlahnya bisa beragam tergantung kebijakan dimana kita melakukan booking. Biaya administrasi melalui online booking kebanyakan 0 dibanding jika melakukan direct booking. Ini berpengaruh terhadap banyaknya uang yang kita bayar pada akumulasi total pembayaran akhir. Online booking cenderung lebih murah, sehingga cocok untuk kita yang mempertimbangkan faktor ekonomis pada saat reservasi tiket untuk traveling.

Sumber gambar : kidfreetravel.com
Sumber gambar : kidfreetravel.com

Arranged vs DIY – Do it Yourself

Untuk sebagian orang, traveling adalah kenyamanan. Jika ini yang menjadi prioritas kita, maka direct booking melalui agen travel akan lebih mudah dan nyaman karena kita hanya tinggal menanyakan mengenai harga untuk kemudian dibandingkan dengan tariff dari agen travel lain, jika sudah memilih maka kita sudah tahu apa saja paket yang akan kita terima. Sederhananya semisal kita ingin pergi ke suatu tempat selama sekian hari dan sekian malam, kita bisa meminta bantuan agen travel untuk merencanakan perjalanan liburan kita baik transportasi, penginapan dan destinasi yang direkomendasikan, tinggal bayar saja semua sudah beres tersedia.

Sebagian lain orang justru lebih menikmati traveling sebagai proses, dan sebab dari prosesnya yang menyenangkan itu termasuk juga melalui berbagai macam survey dan rencana kegiatan hingga akomodasi ditentukan sendiri atau DIY. Bagi kita yang tipe seperti ini maka online booking lebih pas. Kita merencanakan waktu berangkat untuk traveling mungkin berdasarkan harga promo akomodasi dan transportasi, kemudian kita akan melakukan semua booking berdasarkan testimony traveler lain yang sudah memakai jasa akomodasi atau transportasi tersebut berdasarkan selera dan kebutuhan kita.

Kita juga bebas menentukan destinasi dan membuat itinerary, jika dalam perjalanan mendadak rencana berubah karena ada hal lain yang kita ingin lihat atau tempat lain untuk dikunjungi juga tidak masalah. Inilah kelebihan DIY. Untuk para backpacker dan traveler yang menyukai petualangan dalam tiap perjalanan, online booking lebih cocok. Demikian juga untuk backpacker dan traveler yang mengutamakan harga murah dan keamanan serta standar kenyamanan yang tidak terlalu tinggi.

Segi Kepraktisan

Jika dari segi kepraktisan, bagi kita yang menilai praktis dari sisi ‘untuk bayar dan yang kita tahu hanya packing kemudian semua kegiatan mengikuti pengaturan agen’ maka direct booking lebih cocok untuk kita. Namun jika praktis menurut kita adalah dalam hal perencanaan liburan yang semenarik dan seekonomis mungkin maka online booking masih yang utama.

Bayangkan saja satu bulan sebelum libur panjang karena cuti kita disetujui, tiba-tiba kita mendapatkan pemberitahuan mengenai diskon tiket meskapai ke beberapa destinasi untuk waktu terbang hingga bulan depan. Tapi diskon hanya berlaku untuk booking hari ini saja.

Karena tertarik untuk berlibur mengisi waktu cuti dengan berkunjung ke destinasi tiket promo tersebut, maka apa yang akan lebih kita pilih? Mengambil smartphone dan segera memilih waktu perjalanan kemudian langsung booking atau sepulang kerja berjuang dengan kemacetan untuk sampai di kantor sebuah agen travel dengan resiko kursi promo habis ter-booking duluan? Dengan online booking maka akan lebih menghemat waktu kita diperjalanan serta resiko terjebak macet dan tentu saja menghindarkan kita dari peluang kehabisan kursi promo.

Kalau kamu, lebih suka direct booking atau online booking?

4 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: