Tag: Ibukota Eropa

Free Things to do in Oslo

Free Things to do in Oslo

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Berhubung apa-apa mahal di Norwegia, semua pengeluaran mesti kami perhitungkan. Kami sudah nyari penginapan termurah tapi bukan dormitory. Makan kebanyakan masak sendiri, bawa lauk dari rumah. Jadi nyari penginapan yang juga menyediakan dapur. Jalan kaki sering atau bawa mobil, tapi nyari parkiran gratis. Dan di Oslo, kebanyakan aktifitas atau destinasi tujuan kami yang bisa bisa dikunjungi secara gratis. Biar dompet gak tambah kurus kering kalau gak kosong melompong. Oslo kota paling ramai di Norwegia. Menurut informasi di internet, penduduknya hampir sejuta jiwa. Kotanya besar, jadi kota ini gak keliatan padet banget. Di pinggiran malah tampak agak sepi. "Sepi banget, gak kerasan," kata seorang Mamas warga Malaysia yang kami jumpai di sebuah museum. Aneka kegiatan budaya serta akt...
Menyetir di Norwegia

Menyetir di Norwegia

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Meski punya kebiasaan mempersiapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ada kalanya Emak memutuskan tempat liburan last minute. Kayak liburan musim gugur ke Norwegia tahun 2016 lalu. Diputuskan ndak sampai seminggu sebelum berangkat. Padahal tak jarang Emak bikin planning suatu liburan sejak enam bulan sebelumnya. Sebelum mengambil keputusan Emak sempat galau. Sudah lama mengincar suatu negara buat dijadikan destinasi. Bahkan beberapa bulan lalu ada tiket sesuai bujet buat destinasi tersebut. Karena gak langsung dibeli (bujet belum ada juga, mau mudik dulu), lepaslah tiket harga miring itu. Berharap ada tawaran lagi, adanya cuma di alam mimpi. Ada tiket agak miring, tapi kudu ngeteng, mampir ke negara lain, trus pindah bandara, naik maskapai lain. Kalau diitung-itung sama ongkos kesana-k...
Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Featured, Kisah Perjalanan
Kalau dulu setiap jalan-jalan pengen kejar setoran, mendatangi sebanyak mungkin objek wisata di tempat tujuan, sekarang kami jauh lebih santai. Asline, terpaksa slow down #umurgakbisaboong. hehe. Kami pilih objek-objek yang paling disuka oleh anggota keluarga Emak. Tapi yah tetap mempertimbangkan yang lain juga, seh. Di Minsk juga begitu. Emak sudah membuat daftar beberapa lokasi. mempertimbangkan keterjangkauan dan interest. Sebagian dicoret karena ternyata tenaga gak nutut. (more…)
Minsk Sekilas Info

Minsk Sekilas Info

Featured, Info Wisata
Keluarga pelancong sampai Minsk masih sekitar tengah hari. Setelah mengambil bagasi, kami menukar uang. Sebagian ngambil dari atm. Kurs-nya gak jauh beda. Bandara internasional Minsk gak terlalu besar, namun terlihat lumayan modern. Standar bandara-bandara Eropa masa kini. Kami pilih option termurah untuk sampai ke pusat kota. Bandara ini agak  jauh dari pusat kota. Sekitar satu jam-an naik bus kota. Tiketnya bisa dibeli di loket deket tempat mangkal bus. Atau beli langsung ke sopir busnya. Di pusat kota, kami turun di stasiun kereta api pusat. Dari situ tinggal jalan ke stasiun metro terdekat. Lalu beli tiket metro menuju penginapan yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. (more…)
Destinasi Wisata Utama Sarajevo

Destinasi Wisata Utama Sarajevo

Featured, Info Wisata
Kabut masih saja menyelimuti Sarajevo. Lebih tipis dibanding kemarin malam. Ketika rombongan kami sampai di kota ini. Berkendara sangat pelan karena jarak pandang sangat terbatas. Tak hanya kabut, suhu udara di sekitar titik beku menemani perjalanan kami hari itu. Menjelajahi pusat kota Sarajevo, „Little Jerussalem of the Balkans“. Perang Balkan sudah berakhir belasan tahun lalu. Namun banyak orang masih ragu dan khawatir ketika kami sampaikan akan mengunjungi Bosnia akhir Desember lalu. „Memang aman?“ tanya mereka pesimis. (more…)
Jalan-Jalan Keliling Bukarest

Jalan-Jalan Keliling Bukarest

Info Wisata
Kalau punya waktu 3 hari di Bukarest, Rumania, enaknya ngapain ajah?  Pertanyaan mirip sering Emak baca di grup-grup backpacker. Walau sebenernya destinasi tersebut sudah sering dibahas. Seperti Singapura dan Kuala Lumpur, tujuan favorit backpacker tanah air beta. Dan sejatinya pertanyaan itu bisa dijawab sendiri seandainya penanya mau coba search di bagian kaca pembesar. (more…)
Membeli Tiket Kereta Api Sofia – Plovdiv

Membeli Tiket Kereta Api Sofia – Plovdiv

Selingan
Sebelum merencanakan perjalanan ke Plovdiv, kami urun rembug dengan Alina, host kami di hostel di Sofia. Host baik hati, tidak sombong, siap membantu mencarikan informasi ynag kami butuhkan. Setidaknya dua kali Alina memuji keluarga pelancong. Katanya kami the real traveler. Kebanyakan traveler tuh lebih suka males-malesan di penginapan. Tinimbang mengeksplor lebih banyak tempat, lanjutnya. Idung Emak langsung kembang kempis saking senengnya. (more…)
Masjid Banya Bashi, Sofia

Masjid Banya Bashi, Sofia

Kisah Perjalanan, Soultrip
"Assalamualaikum," tiba-tiba seseorang menyapa ketika kami berempat sedang jalan-jalan santai menyusuri Jalan Vitosha, shopping street utama Sofia, Bulgaria. Dua orang lelaki berwajah India mendatangi kami. Mereka membawa koper, walau tidak terlalu besar. Satu orang berjas rapi, satunya memakai kaos polo. Berusia sekitar 40-50 tahunan. "Kalian dari Malaysia?" tanya salah seorang di antaranya. "Indonesia." "Kalian tinggal di sini? Bisa bantu kami?" "Kami hanya turis. Ada apa?" "Kami sedang mencari apartemen untuk tinggal." Jika melihat penampilan mereka, sepertinya mereka bukan turis. Tapi memang baru pindah untuk mencari kerja atau mau usaha di Bulgaria. Sayangnya kami gak tahu informasi mengenai apartemen sewaan. Kami juga baru saja dua hari berada di Sofia. *** (more…)
Sisi Selatan Dublin

Sisi Selatan Dublin

Kisah Perjalanan
Diawali drama tentang visa, disambut hujan berhari-hari, perjalanan ke Irlandia diwarnai banyak hal tak terduga. Untunglah Dublin menawarkan penghiburan dengan menyingkap sisi cantiknya kepada keluarga pelancong. Seminggu sebelum jadwal keberangkatan menuju Irlandia, rasa panik luar biasa menghajar kami. Bagaimana tidak,  kami belum mendapatkan pengembalian paspor dari Kedutaan Irlandia di Jerman. Padahal kami sengaja mengajukan aplikasi 6 minggu sebelum berangkat. Menurut informasi di situs resmi mereka, proses aplikasi visa memakan waktu sekitar 4 minggu. Menelpon tak pernah diangkat. Akhirnya tiga hari sebelum Hari-H, baru saya lega mendapat kepastian diterimanya aplikasi Emak dan keluarga. (more…)
Transportasi Umum di Bulgaria

Transportasi Umum di Bulgaria

Kisah Perjalanan
Namanya traveling mestinya berhubungan ama yang namanya transportasi. Walau awalnya berencana sewa mobil di Bulgaria, kemudian kami lebih memilih menjajal transportasi setempat saja. Biar lebih seru petualangannya. hehehe. Enam hari di negara Balkan ini, kami ke luar kota dua kali. Ke Biara Rila naik bus umum. Lalu ke Plovdiv naik kereta api. Keduanya menimbulkan kesan tersendiri. Sedangkan untuk mengitari ibukota Sofia, kami jalan kaki, naik bus, dan tram. (more…)