Tag: Keluarga Pelancong

Traveling ke Albania

Traveling ke Albania

Featured, Kisah Perjalanan
Salah satu keasyikan roadtrip di Eropa adalah dalam sekali dayung, kita bisa mengunjungi beberapa negara sekaligus. Sebab negaranya dempet-dempetan. Satu negara gak terlalu luas. Masih memungkinan dijelajahi dengan mobil. Musim panas tahun 2017, kami alhamdulillah kembali berkesempatan menjelajah Semenanjung Balkan. Mengunjungi beberapa negara sekaligus sekali jalan. Tujuan kami adalah negara-negara yang belum pernah kami sebelumnya: Albania, Makedonia, dan Kosovo. Dari rumah hingga kembali lagi, perjalanan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. (more…)
Stara Maslina, Pohon Zaitun Ribuan Tahun di Montenegro

Stara Maslina, Pohon Zaitun Ribuan Tahun di Montenegro

Featured, Info Wisata
Emak baru mencicipi minyak dan buah zaitun setelah tinggal di Jerman. Dulunya kirain buah zaitun itu kayak buah apel gitu. Yang rasanya manis dan gede ukuran buahnya. Baru ngeliat buah zaitun yang udah diacar di toko Turki mau pun supermarket-supermarket Jerman. Acar zaitun dijual dalam kemasan plastik, gelas, maupun kaleng. Jenis dan warnanya bermacam-macam. Ada yang merah, pink, hijau, coklat, hitam. Ukurannya pun berbeda-beda. Akan tetapi, awal-awal belum tertarik untuk mencicipi. Sampai kemudian diundang makan di rumah teman yang berasal dari Turki.  Pas ngincip, hmmmm, pahit-pahit asem asin. Nano-nano. Kesimpulan Emak, zaitun itu gak enak. (more…)
Masjid Selimija Kota Bar, Montenegro

Masjid Selimija Kota Bar, Montenegro

Featured, Kisah Perjalanan
Dari kota Kotor di Montenegro, kami berencana mampir sebentar di Ulcinj, kota paling selatan negara di tepi Lautan Adriatik ini. Akan tetapi, dari Kotor, hari sudah mulai sore. Kami masuk sebuah camping ground setelah Sveti Stefan. Semalam kemping di tempat yang kurang nyaman, yang kamar mandinya agak-agak horor, gak ada lampunya, kudu bawa senter sendiri kalau mandi malem-malem. Karena kepanasan, Emak tetep pengen mandi di sana. Agak siangan baru kami berkendara lagi. Melewati satu kota bernama Bar. Sekilas kotanya terlihat biasa. Ia memiliki sebuah kota tua bersejarah, tapi kami tak ada waktu mengeksplornya. Tapi, siang hari, menjelang waktu zuhur, kok ngeliat ada tanda Islamic centre atau dikenal sebagai Masjid Selimija/Selime. Beloklah kami. Lho, kok ketemu sebuah masjid megah, baru, d...
Pengalaman Terbang dengan Saudi Arabia Airlines

Pengalaman Terbang dengan Saudi Arabia Airlines

Featured, Info Wisata
Dua kali mudik terakhir, rezeki kami naik maskapai Saudi Arabia Airlines. Pas pertama naik, Emak udah angen-angen, kalau berkesempatan lewat Saudi Arabia, pengennya dalam rangka umrah atau haji. Akan tetapi, angan-angan tersebut sementara baru tinggal angan-angan. Semoga segera ada rezekinya untuk menjadi tamu Allah. Inshaa Allah. Kami pakai maskapai satu ini alasannya klasik. Karena ia menawarkan tiket dengan harga paling murah di tanggal keberangkatan dan kepulangan yang kami inginkan. Yang pertama kami gunakan akhir tahun 2017. Kedua, pas liburan musim panas tahun 2018. Harga tiketnya per orang sekitar 500 euro. Yang pertama rute Frankfurt - Soekarno Hatta pp. Kedua Frankfurt - Kuala Lumpur pp. Dari Jerman, selain Frankfurt, maskapai ini juga  terbang ke bandara Munich. Jika berangka
Kota Minyak Stavanger

Kota Minyak Stavanger

Featured, Kisah Perjalanan
Dua malam di Bergen, perjalanan pun lanjut ke kota berikutnya, Stavanger. Kami berangkat pagi. Siang masih sempat menghabiskan waktu ke Stavanger selama beberapa jam. Sebelum akhirnya, cap cus kembali pulang. Bersiap menyetir gantian ke rumah sepanjang dua ribuan kilometer, yang kami tempuh sekitar 24 jam. Jarak Bergen- Stavanger sebenarnya 'hanya' 200 kilometeran. Akan tetapi rutenya beberapa kali menyeberang laut. Ditempuh sekitar 5 jam-an. Ada yang lewat jembatan laut. Plus dua kali naik feri. Uniknya, sistem feri ini terhubung dengan jalan darat. Semacam tol laut, tapi yang makai banyakan mobil pribadi. Ferinya lumayan sering. Kalau gak salah 20 - 30 menit sekali. Proses masuk dan keluar feri pun sangat cepat. Cuma bayarnya saja yang agak bikin sesak dada. Kalau mau rute muter juga ...
Bergen, Kota di Antara Tujuh Gunung

Bergen, Kota di Antara Tujuh Gunung

Featured, Kisah Perjalanan
Bukan hal mudah membuat rencana perjalanan seminggu di Norwegia di akhir musim gugur. Negara ini luas, sedang penduduknya sedikit. Kota-kotanya berjauhan, dipisahkan gunung, laut, dan fjord. tempat-tempat wisata alam, rata-rata tutup di musim gugur dan dingin. Jadinya gak bisa melipir ke Trolltunga dan foto-foto di atas batu mirip lidah. Pilihannya tinggal kota-kota yang jaraknya jauh. Kami harus memperhitungkan waktu di jalan. Mana lagi, jelang musim dingin, siang semakin pendek. Kadang pas kami lewat objek wisata bagus, hari gelap. Atau kah itu masih subuh, atau sudah kesorean. Mau mampir pun sudah malas. Akan tetapi, Emak anggap perjalanan ke sana termasuk sangat berhasil, menyenangkan, memorable. Berhasil membuat badan kami pegel-pegel. Lha perjalanan ke sana, sekali jalan aja s...
Kenalan dengan Jember, Yuk!

Kenalan dengan Jember, Yuk!

Featured, Info Wisata
Rindu selalu datang setiap kali saya mengingat tanah kelahiran. Dulu, saat masih tinggal di sana rasanya biasa saja. Kini, setelah berjarak, ia begitu istimewa. Waktu mudik yang singkat selalu saya gunakan sebaiknya untuk menjelajahinya. Jember, tempat orang tua dan handai taulan bersisa. Pembangunan fisik Jember sangat pesat. Setiap kali pulang kampung, selalu saya pangling menatapnya. Gedung-gedung baru bermunculan. Pilihan tempat belanja semakin banyak. Jalan raya penuh kuda besi. Kini ia sudah punya bandara. Memudahkan kami menuju Surabaya. Teringat masa kecil dahulu. Kami tinggal di perumahan dikelilingi sawah. Yang juga menjadi tempat bermain kami, selain sungai belakang rumah. Jika mau mandi di sungai, saya dan teman-teman berjalan sekira satu kilometer ke Kali Bedadung. S...
Penginapan Murah Norwegia

Penginapan Murah Norwegia

Featured, Info Wisata
Bawa euro, tapi apa-apa masih terasa mahal di Norwegia. Lha euro yang dibawa emang ndak sebanding ama biaya hidup di negeri ini. Jadinya bujet kudu ditekan serendah mungkin, biar tekan (sampai) Norwegia. Termasuk pula bujet penginapan. Selama di negara Skandinavia yang negaranya besar, kaya minyak dan penduduknya relatif jarang ini (sekitar 5,3 juta jiwa tahun 2016), keluarga pelancong menginap di dua kota. Oslo dan Bergen. Oslo tiga malem, Bergen dua. Dua-duanya pakai budget accommodation. Walau milih yang murah, kami punya syarat milih penginapan. Kalau lagi bawa mobil sendiri, tentu kudu nyari penginapan yang ada parkirannya. Kalau bisa yang parkirannya gratisan. Kedua, kami gak mau pilih yang dormitory. Dan gak bisa juga seh, sebab bawa anak-anak. So, private room  yang ada perk
Bentang Alam Menakjubkan Islandia

Bentang Alam Menakjubkan Islandia

Featured, Info Wisata
Islandia merupakan negeri impian pecinta keindahan alam dan petualangan. Sebuah negeri berpenghuni jarang, dimana kekuatan alam membentuk lanskap penuh magis. Rasanya tak mungkin kita melakukan perjalanan di negeri di utara Atlantik ini, tanpa terpesona kemolekan alamnya. Itu pula yang saya rasakan selama perjalanan dua hari di negeri pulau ini. Waktu singkat tersebut saya dan keluarga manfaatkan untuk menyusuri bagian timur laut Islandia. Negara satu ini lokasinya terisolasi. Tak heran jika akses ke sana masih jarang. Ada beberapa penerbangan dari kota-kota besar Eropa daratan menuju Reykjavik, ibukota Islandia. Satu-satunya jalur laut bisa ditempuh dari Hirtshals, ujung utara Denmark. Menuju pelabuhan Seydisfjordur di bagian timur Islandia. Kami menggunakan jalur laut. (more&he...
Free Things to do in Oslo

Free Things to do in Oslo

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Berhubung apa-apa mahal di Norwegia, semua pengeluaran mesti kami perhitungkan. Kami sudah nyari penginapan termurah tapi bukan dormitory. Makan kebanyakan masak sendiri, bawa lauk dari rumah. Jadi nyari penginapan yang juga menyediakan dapur. Jalan kaki sering atau bawa mobil, tapi nyari parkiran gratis. Dan di Oslo, kebanyakan aktifitas atau destinasi tujuan kami yang bisa bisa dikunjungi secara gratis. Biar dompet gak tambah kurus kering kalau gak kosong melompong. Oslo kota paling ramai di Norwegia. Menurut informasi di internet, penduduknya hampir sejuta jiwa. Kotanya besar, jadi kota ini gak keliatan padet banget. Di pinggiran malah tampak agak sepi. "Sepi banget, gak kerasan," kata seorang Mamas warga Malaysia yang kami jumpai di sebuah museum. Aneka kegiatan budaya serta akt...