Tag: Keluarga Pelancong

Kenalan dengan Jember, Yuk!

Kenalan dengan Jember, Yuk!

Featured, Info Wisata
Rindu selalu datang setiap kali saya mengingat tanah kelahiran. Dulu, saat masih tinggal di sana rasanya biasa saja. Kini, setelah berjarak, ia begitu istimewa. Waktu mudik yang singkat selalu saya gunakan sebaiknya untuk menjelajahinya. Jember, tempat orang tua dan handai taulan bersisa. Pembangunan fisik Jember sangat pesat. Setiap kali pulang kampung, selalu saya pangling menatapnya. Gedung-gedung baru bermunculan. Pilihan tempat belanja semakin banyak. Jalan raya penuh kuda besi. Kini ia sudah punya bandara. Memudahkan kami menuju Surabaya. Teringat masa kecil dahulu. Kami tinggal di perumahan dikelilingi sawah. Yang juga menjadi tempat bermain kami, selain sungai belakang rumah. Jika mau mandi di sungai, saya dan teman-teman berjalan sekira satu kilometer ke Kali Bedadung. S...
Penginapan Murah Norwegia

Penginapan Murah Norwegia

Featured, Info Wisata
Bawa euro, tapi apa-apa masih terasa mahal di Norwegia. Lha euro yang dibawa emang ndak sebanding ama biaya hidup di negeri ini. Jadinya bujet kudu ditekan serendah mungkin, biar tekan (sampai) Norwegia. Termasuk pula bujet penginapan. Selama di negara Skandinavia yang negaranya besar, kaya minyak dan penduduknya relatif jarang ini (sekitar 5,3 juta jiwa tahun 2016), keluarga pelancong menginap di dua kota. Oslo dan Bergen. Oslo tiga malem, Bergen dua. Dua-duanya pakai budget accommodation. Walau milih yang murah, kami punya syarat milih penginapan. Kalau lagi bawa mobil sendiri, tentu kudu nyari penginapan yang ada parkirannya. Kalau bisa yang parkirannya gratisan. Kedua, kami gak mau pilih yang dormitory. Dan gak bisa juga seh, sebab bawa anak-anak. So, private room  yang ada perk
Bentang Alam Menakjubkan Islandia

Bentang Alam Menakjubkan Islandia

Featured, Info Wisata
Islandia merupakan negeri impian pecinta keindahan alam dan petualangan. Sebuah negeri berpenghuni jarang, dimana kekuatan alam membentuk lanskap penuh magis. Rasanya tak mungkin kita melakukan perjalanan di negeri di utara Atlantik ini, tanpa terpesona kemolekan alamnya. Itu pula yang saya rasakan selama perjalanan dua hari di negeri pulau ini. Waktu singkat tersebut saya dan keluarga manfaatkan untuk menyusuri bagian timur laut Islandia. Negara satu ini lokasinya terisolasi. Tak heran jika akses ke sana masih jarang. Ada beberapa penerbangan dari kota-kota besar Eropa daratan menuju Reykjavik, ibukota Islandia. Satu-satunya jalur laut bisa ditempuh dari Hirtshals, ujung utara Denmark. Menuju pelabuhan Seydisfjordur di bagian timur Islandia. Kami menggunakan jalur laut. (more&he...
Free Things to do in Oslo

Free Things to do in Oslo

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Berhubung apa-apa mahal di Norwegia, semua pengeluaran mesti kami perhitungkan. Kami sudah nyari penginapan termurah tapi bukan dormitory. Makan kebanyakan masak sendiri, bawa lauk dari rumah. Jadi nyari penginapan yang juga menyediakan dapur. Jalan kaki sering atau bawa mobil, tapi nyari parkiran gratis. Dan di Oslo, kebanyakan aktifitas atau destinasi tujuan kami yang bisa bisa dikunjungi secara gratis. Biar dompet gak tambah kurus kering kalau gak kosong melompong. Oslo kota paling ramai di Norwegia. Menurut informasi di internet, penduduknya hampir sejuta jiwa. Kotanya besar, jadi kota ini gak keliatan padet banget. Di pinggiran malah tampak agak sepi. "Sepi banget, gak kerasan," kata seorang Mamas warga Malaysia yang kami jumpai di sebuah museum. Aneka kegiatan budaya serta akt...
Menyetir di Norwegia

Menyetir di Norwegia

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Meski punya kebiasaan mempersiapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ada kalanya Emak memutuskan tempat liburan last minute. Kayak liburan musim gugur ke Norwegia tahun 2016 lalu. Diputuskan ndak sampai seminggu sebelum berangkat. Padahal tak jarang Emak bikin planning suatu liburan sejak enam bulan sebelumnya. Sebelum mengambil keputusan Emak sempat galau. Sudah lama mengincar suatu negara buat dijadikan destinasi. Bahkan beberapa bulan lalu ada tiket sesuai bujet buat destinasi tersebut. Karena gak langsung dibeli (bujet belum ada juga, mau mudik dulu), lepaslah tiket harga miring itu. Berharap ada tawaran lagi, adanya cuma di alam mimpi. Ada tiket agak miring, tapi kudu ngeteng, mampir ke negara lain, trus pindah bandara, naik maskapai lain. Kalau diitung-itung sama ongkos kesana-k...
Kepulauan Faroe: Di Kesunyian Atlantik Utara

Kepulauan Faroe: Di Kesunyian Atlantik Utara

Featured, Kisah Perjalanan
Aktivitas vulkanisme membentuk kepulauan kecil di utara Lautan Atlantik, antara Islandia dan Britania Raya. Delapan belas pulau mini berpenduduk jarang ini bukan destinasi wisata yang ramai. Namun bukan berarti ia tak layak dikunjungi. Saya dan keluarga mampir dua kali di Kepulauan Faroe ketika melakukan wisata kapal pesiar Oktober lalu. Kepulauan ini merupakan wilayah otonomi, di bawah Kerajaan Denmark. Sangat jarang maskapai penerbangan terbang kemari. Jalur laut satu-satunya berangkat dari pelabuhan Hirtshals di Denmark. (more…)
Berburu Tuah Air Karlovy Vary

Berburu Tuah Air Karlovy Vary

Featured, Kisah Perjalanan
Republik Ceko punya banyak destinasi wisata spa. Pemandian air panas dibangun megah, mirip sebuah istana, sebagai tempat tetirah para aristokrat Eropa pada sekitar abad 18. Kota Karlovy Vary atau Carlsbad di utara Ceko memiliki banyak sekali sumber air panas yang dianggap berkhasiat oleh banyak orang. (more…)
Minsk Sekilas Info

Minsk Sekilas Info

Featured, Info Wisata
Keluarga pelancong sampai Minsk masih sekitar tengah hari. Setelah mengambil bagasi, kami menukar uang. Sebagian ngambil dari atm. Kurs-nya gak jauh beda. Bandara internasional Minsk gak terlalu besar, namun terlihat lumayan modern. Standar bandara-bandara Eropa masa kini. Kami pilih option termurah untuk sampai ke pusat kota. Bandara ini agak¬† jauh dari pusat kota. Sekitar satu jam-an naik bus kota. Tiketnya bisa dibeli di loket deket tempat mangkal bus. Atau beli langsung ke sopir busnya. Di pusat kota, kami turun di stasiun kereta api pusat. Dari situ tinggal jalan ke stasiun metro terdekat. Lalu beli tiket metro menuju penginapan yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. (more…)
Old Town Hostel: Budget Staying in Style in Montenegro

Old Town Hostel: Budget Staying in Style in Montenegro

Featured, Info Wisata
Banyak warga Eropa berhasil mempertahankan peninggalan-peninggalan arsitektur mereka. Jembatan kuno, gereja, benteng-benteng, gedung-gedung telah berganti-ganti abad. Namun masih setia berdiri. Sebagian dimiliki oleh pemerintah, institusi, atau keturunan suatu keluarga berabad lamanya. Sebagian gedung berubah fungsi. Kebanyakan jadi museum, rumah makan, penginapan, atau tetap menjadi tempat tinggal. meski tentunya tak semua tetap seperti sedia kala. Tentunya ada modifikasi di sana-sini. Emak suka gedung-gedung tua. Kalau masuk, kadang membayangkan gimana sih hidup mereka zaman dahulu. Apalagi kastil-kastil yang kayak di negeri dongeng. Banyak loh, yang sudah jadi penginapan eksklusif dan bisa kita sewa atau inapi. Yang eksklusif biasanya masih dimiliki oleh keluarga keturunan ningrat. B...
Destinasi Wisata Mainstream Armenia

Destinasi Wisata Mainstream Armenia

Featured, Kisah Perjalanan
Armenia ini indah banget. Walaupun gak punya lautan, ia punya danau luas mirip sebuah laut. Turisnya belum terlalu banyak. Apalagi di musim dingin. Banyak travel agent menawarkan aneka daytrip dengan harga relatif terjangkau. Bisa lewat internet. Atau kalau sedang berada di Yerevan, tinggal pergi ke Republic square. Di mana mobil-mobil box memajang iklan tur dan dan kita bisa mengulik informasi tentangnya secara langsung lewat pekerjanya. Jika Emak perhatikan, harga-harga yang ditawarkan bersaing. Paketannya pun mirip-mirip. Akan tetapi keluarga pelancong tidak ambil tur paketan sama sekali ketika berada di Armenia. Murah sih murah, tapi kalau dihitung buat empat orang, tetap berasa agak mahal. Sempat ada wacana untuk meminjam mobil sendiri untuk beberapa hari. Tapi melihat salju menump...