Tag: wisata religi

Traveling ke Albania

Traveling ke Albania

Featured, Kisah Perjalanan
Salah satu keasyikan roadtrip di Eropa adalah dalam sekali dayung, kita bisa mengunjungi beberapa negara sekaligus. Sebab negaranya dempet-dempetan. Satu negara gak terlalu luas. Masih memungkinan dijelajahi dengan mobil. Musim panas tahun 2017, kami alhamdulillah kembali berkesempatan menjelajah Semenanjung Balkan. Mengunjungi beberapa negara sekaligus sekali jalan. Tujuan kami adalah negara-negara yang belum pernah kami sebelumnya: Albania, Makedonia, dan Kosovo. Dari rumah hingga kembali lagi, perjalanan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. (more…)
Masjid Selimija Kota Bar, Montenegro

Masjid Selimija Kota Bar, Montenegro

Featured, Kisah Perjalanan
Dari kota Kotor di Montenegro, kami berencana mampir sebentar di Ulcinj, kota paling selatan negara di tepi Lautan Adriatik ini. Akan tetapi, dari Kotor, hari sudah mulai sore. Kami masuk sebuah camping ground setelah Sveti Stefan. Semalam kemping di tempat yang kurang nyaman, yang kamar mandinya agak-agak horor, gak ada lampunya, kudu bawa senter sendiri kalau mandi malem-malem. Karena kepanasan, Emak tetep pengen mandi di sana. Agak siangan baru kami berkendara lagi. Melewati satu kota bernama Bar. Sekilas kotanya terlihat biasa. Ia memiliki sebuah kota tua bersejarah, tapi kami tak ada waktu mengeksplornya. Tapi, siang hari, menjelang waktu zuhur, kok ngeliat ada tanda Islamic centre atau dikenal sebagai Masjid Selimija/Selime. Beloklah kami. Lho, kok ketemu sebuah masjid megah, baru, d...
Masjid dan Makanan Halal di Oslo

Masjid dan Makanan Halal di Oslo

Featured, Kisah Perjalanan
Wisata religi masuk dalam agenda perjalanan keluarga pelancong di Oslo, Norwegia. Kami masukkan di sela-sela jelajah spot wisata Oslo lainnya. Pusat kota Oslo dibelah oleh Sungai Akerselva menjadi dua bagian. Oslo Barat dan Timur. Oslo Timur banyak dihuni oleh para imigran, dan memiliki beberapa masjid. Dan yang mengejutkan Emak, masjid-masjid Oslo gak cuma lumayan berdekatan jaraknya. Namun juga ukurannya guede-guede. Sampai speechless ngeliatnya. Kalau searching di gmaps, udah langsung keliatan deretan masjid di kota ini. (more…)
Halal Traveling Tokyo

Halal Traveling Tokyo

Featured, Kisah Perjalanan
Wisata halal sedang ngetren di beberapa belahan dunia. Gak cuma di negara-negara berpenduduk mayoritas muslim seperti Indonesia, Turki, Yordania, Oman, Uni Emirat Arab, Malaysia, dll.  Negeri yang jumlah muslimnya lebih sedikit pun menggenjot pariwisata halalnya. Seperti Jepang, Korea, dan negara-negara Eropa. Mereka sangat mendukung perkembangan wisata halal. Sebab pangsa pasarnya memang sangat besar #emaksoktau . Memang jika berkunjung ke objek-objek atau kota-kota destinasi wisata, terasa sekali perbedaannya. Turis-turis muslim lebih sering terlihat di kota-kota seperti Paris dan Barcelona dibanding sebelumnya. Sepanjang Las Ramblas, berdiri beberapa kedai makanan halal. Waktu kami ke Sarajevo tahun lalu, banyak kedai makanan memasang label halal, padahal sebelumnya tidak demikia
Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Objek-Objek Wisata Kota Minsk

Featured, Kisah Perjalanan
Kalau dulu setiap jalan-jalan pengen kejar setoran, mendatangi sebanyak mungkin objek wisata di tempat tujuan, sekarang kami jauh lebih santai. Asline, terpaksa slow down #umurgakbisaboong. hehe. Kami pilih objek-objek yang paling disuka oleh anggota keluarga Emak. Tapi yah tetap mempertimbangkan yang lain juga, seh. Di Minsk juga begitu. Emak sudah membuat daftar beberapa lokasi. mempertimbangkan keterjangkauan dan interest. Sebagian dicoret karena ternyata tenaga gak nutut. (more…)
Minsk Sekilas Info

Minsk Sekilas Info

Featured, Info Wisata
Keluarga pelancong sampai Minsk masih sekitar tengah hari. Setelah mengambil bagasi, kami menukar uang. Sebagian ngambil dari atm. Kurs-nya gak jauh beda. Bandara internasional Minsk gak terlalu besar, namun terlihat lumayan modern. Standar bandara-bandara Eropa masa kini. Kami pilih option termurah untuk sampai ke pusat kota. Bandara ini agak  jauh dari pusat kota. Sekitar satu jam-an naik bus kota. Tiketnya bisa dibeli di loket deket tempat mangkal bus. Atau beli langsung ke sopir busnya. Di pusat kota, kami turun di stasiun kereta api pusat. Dari situ tinggal jalan ke stasiun metro terdekat. Lalu beli tiket metro menuju penginapan yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. (more…)
Makam Nabi Yusha dan Syuaib di Al-Salt

Makam Nabi Yusha dan Syuaib di Al-Salt

Featured, Kisah Perjalanan
Al-Salt, yang jaraknya hanya beberapa kilometer, sekitar setengah jam perjalanan mobil, di luar kota Amman, Yordania, merupakan sebuah kota pertanian sejak zaman kuno. Kota ini berkembang pesat ketika Turki Usmani menjadi penguasa. Mulanya kami meremehkan Al-Salt. Mengira bakal mudah mencari lokasi wisata religi tujuan. Kami tak menyangka kalau kota kecil ini sangat padat. Konturnya berbukit-bukit. Kami tak mengetahui secara pasti dimana letak makam nabi-nabi yang ingin kami kunjungin. Bayangan saya, ah di kota kecil ini, pasti ada orang yang bisa ditanyai. Dan kami yakin bahwa akan menemukan papan petunjuk jalan ke arah sana. (more…)
Jajce, Kecantikan di Jantung Bosnia-Herzegovina

Jajce, Kecantikan di Jantung Bosnia-Herzegovina

Featured, Kisah Perjalanan
Di jantung Bosnia-Herzegovina, dimana dua sungai Pliva dan Vrbas bersua, kota Jajce bertengger di sebuah bukit. Di puncaknya berdiri sebuah benteng kuno. Di sinilah raja-raja Bosnia pernah bertahta. Jajce merupakan kota kedua setelah Banja Luka yang saya dan keluarga kunjungi di Bosnia-Herzegovina musim dingin lalu. Setelah melewati ngarai sungai Vrbas yang cantik. Melalui jalan-jalan pegunungan yang suasananya tak kalah elok dibanding negeri Swiss. (more…)
Mengintip Peta Kuno Tanah Suci Palestina di Madaba

Mengintip Peta Kuno Tanah Suci Palestina di Madaba

Kisah Perjalanan
Yordania berbatasan langsung dengan tanah suci Palestina. Sebuah destinasi wisata religi tiga agama besar dunia. Bukan hanya saat ini. Namun sejak ratusan tahun lalu, orang sudah melakukan perjalanan suci ke negeri ini. Dalam perjalanan menuju Laut Mati, kami sengaja melewati Madaba. Kota kecil, berpenduduk tak sampai 100 ribu jiwa, namun ternyata ramai turis. Banyak hotel dan rumah makan di pusat kota. Menurut Wikipedia, kota Madaba disebut beberapa kali dalam Bible. Kota Madaba didirikan oleh bangsa Moabit. Lalu dikuasai oleh bangsa Nabataean, menjadi bagian Romawi Kuno, Persia, dan berada dalam pengaruh agama Kristiani. (more…)
Gua Ashabul Kahfi di Amman, Yordania

Gua Ashabul Kahfi di Amman, Yordania

Kisah Perjalanan
Hari dimana kami ingin eksplor pusat kota Amman pertama kali, diwarnai hujan deras. Dari awal pagi-pagi naik mobil, perjalanan sudah gak lancar. Kena macet sebelum masuk daerah pasar. Entah berapa lama. Mungkin hampir sejam-an hingga kemudian kami menemukan spot parkir lega di dekat amphitheater Amman. Sebenarnya kami ingin mengeksplor amphitheater. Akan tetapi, gimana mau mengambil gambar dengan lega di tengah curahan hujan seperti ini. Kami sendiri gak bawa payung, pun jaket hujan. Kamera tak memiliki pelindung. Rencana kudu diubah. Langit terus menumpahkan air seharian itu. Paling diselang seling gerimis. Sedangkan kami gak punya payung. Andalan kami cuma berjalan cepat, lalu melipir ke pinggiran toko yang berderet di downtown. Keluarga pelancong tak punya tujuan jelas. Sekadar ...