Tips Liburan: Jalan-Jalan Lebih Fun Naik Kereta Api

Penumpang kereta api. Sumber: Ari Bowo Sucipto /Antara Foto

Liburan rombongan bareng teman selalu menyenangkan. Ada banyak pengalaman dan cerita seru yang terjadi selama perjalanan, mulai dari siapa yang tidurnya paling molor hingga siapa yang sering tersesat selama liburan.

Berbagai cerita seru inilah yang membuat perjalanan dengan teman berbeda dengan solo travelling atau dengan pasangan. Pengalaman yang didapatkan benar-benar berbeda dari perjalanan lainnya dan selalu layak untuk dikenang.

Tetapi seperti perjalanan lainnya yang harus direncanakan dengan baik, demikian pula dengan liburan bareng teman. Dengan peserta beberapa orang yang punya ide dan kemauan yang berbeda-beda, liburan bersama rombongan harus ditata dengan baik sejak sebelum berangkat.

1. Tentukan Tujuan Utama Bersama-Sama

Penting untuk menyamakan tujuan utama liburan bersama-sama. Tidak bisa hanya diputuskan oleh satu orang saja, tetapi harus disepakati oleh semua peserta yang ikut dalam perjalanan ini.

2. Pilih Penginapan yang Nyaman

Sumber: thebatuvillas.com

Hitung dulu berapa jumlah peserta liburan kali ini. Jika peserta kurang dari empat orang, menginap di hotel bisa jadi pilihan yang lebih hemat. Namun jika peserta lebih dari empat orang, villa atau apartemen adalah pilihan yang lebih bijak.

Buatlah daftar penginapan yang bisa disinggahi dan sampaikan ke peserta liburan. Bersama-sama, tentukan pilihan tempat yang akan kalian singgahi.

3. Tentukan Tujuan Wisata Sejak Awal

Setelah menentukan kota tujuan dan penginapan, lanjutkan dengan memilih tempat wisata yang akan didatangi. Carilah bersama-sama, tempat-tempat mana saja yang bisa kalian datangi. Setelah itu buatlah daftar tempat tujuan dan waktu yang diperlukan di masing-masing tempat.

Cek juga jarak antar tempat wisata dan lama perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jangan lupa cek apakah jalur antar tempat tersebut rawan macet atau tidak. Sehingga waktu kalian tidak akan terbuang percuma di jalan.

Sumber: rawpixel.com

4. Beli Tiket Kereta Api Sejak Jauh Hari

Sudah menentukan kota tujuan dan semua detailnya? Sekarang waktunya berburu tiket kereta api. Perjalanan bersama rombongan yang paling nyaman adalah dengan menumpang si ular besi ini. Tetapi dengan tiketnya yang terbatas, kamu harus beli sejak jauh hari.

Cara mudahnya, beli saja lewat Traveloka. Selain mudah cek ketersediaan tiket kereta api yang diinginkan, kamu juga bisa memilih sendiri lokasi tempat duduk di dalam gerbong.

Pastikan kamu dan rombongan mendapat tempat duduk di gerbong yang sama. Dengan tiket kereta api yang berdekatan, kamu bisa menikmati perjalanan dengan lebih seru dan mudah berkoordinasi selama perjalanan.

5. Buat Daftar Tempat Makan di Kota Tujuan

Mau pesan tiket kereta api? Tinggal cek situs/aplikasi Traveloka

Sebelumnya, tentukan dulu apakah kalian bakal masak sendiri atau makan di luar. Selera setiap orang berbeda-beda, dan kamu harus mengantisipasi hal itu sejak awal. Kepada masing-masing peserta liburan, mintalah untuk membuat daftar makanan yang diinginkan di kota tujuan. Kemudian cek lokasi antar tempat yang ada dalam daftar.

Dari sini, kemudian pilih beberapa yang paling diinginkan oleh semua orang. Kemudian pilih yang jaraknya tidak terlalu berjauhan satu sama lain, baik dengan penginapan maupun tempat wisata yang jadi tujuan utama.

6. Utamakan Musyawarah

Utamakan untuk selalu mengambil keputusan dengan musyawarah dulu. Baru ambil pilihan voting jika pilihan berimbang atau diskusi berlangsung dengan alot.

Jangan lupa untuk beli tiket kereta api perjalanan pulang sekalian ya. Karena kalau mepet, bisa jadi kamu bakal kehabisan tiket buat pulang ke rumah.

Selamat liburan!

 

2 Comments

  • utamakan Musyawarah, bener banget. Tapi aku wis suwe males nek diajak jalan teman teman SMP atau SMA barengan. mending sama yang sudah teriasa jalan. hehehe

    Traveloka isok gawe pesen kereta Api yo … biasa aku gawe traveloka kanggo pesawat, saiki memsisan isok pesen kereta

  • ira

    @Emakmbolang: hooh, sakkeluarga pun butuh musyawarah. Yoi, tiket kereta api tambah gampang tukune. Traveloka lengkap.

Leave a Reply

%d bloggers like this: