Mau Belanja Barang Bermerek Dengan Harga Miring di Jerman? Disini Tempatnya

Outlet Metzingen, Jerman

Orang tak mengenal Jerman sebagai negara tujuan wisata belanja. Kalah pamor sama negara tetangganya seperti Paris (Perancis) dan Swiss. Meski kedua negara itu terkenal akan kemahalannya. Bukan berarti tak ada tempat wisata belanja asyik di negeri ini. Ada beberapa tempat punya gerai penjualan pabrik (factory outlet) dengan harga sangat miring. Barang-barang bermerek pun banyak dijual secara diskonan.

Keluarga pelancong jarang sekali berwisata belanja. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Paling-paling hanya cuci mata saja ke tempat-tempat tertentu.

Di kota-kota di bawah ini, ada tempat-tempat berbelanja mode dan aksesoris murah di Jerman.

1. Ingolstadt

Kota di tengah-tengah negara bagian Bavaria, tak jauh dari Munich ini punya daerah pusat belanja bernama Ingolstadt Village. Dengan lebih dari 80 butik penjual barang milik desainer inetrnasional seperti Aigner, Bally, MCM, Steiff, Wolford, dan masih banyak lagi. Barang-barang trendi koleksi tahun sebelumnya dijual dengan potongan hingga 60 persen. Pusat belanja di kota ini terdiri dari gang-gang dan banyak tempat untuk melepas lelah. Tempat parkir, restauran dan kafe untuk melepas lelah juga banyak tersedia. Para pelanggan bisa mendapatkan Oberbayern card secara gratis, untuk tambahan potongan harga pembelian barang sebesar 10 persen lagi.

2. Herzogenaurach

Sejak abad 19, Herzogenaurach sangat beken sebagai kota pusat pembuat sepatu. Saat ini, kota di negara bagian Bavaria ini menjadi pusatnya Puma dan Adidas. Ada 6 pusat penjualan pabrik dengan lokasi berdekatan di Herzogenaurach. Suatu tempat belanja menyenangkan bagi pecinta olah raga khususnya sepak bola. Dibanding di toko biasa, harga barang disini dijual dengan potongan 20 hingga 70 persen. Selain Puma dan Adidas, ada Sport Hoffmann, Nike, Teamsport, dan Mahr, sebuah pabrik produsen sepatu.

3. Metzingen

Kota kecil dekat Stuttgart di negara bagian Baden-Wuttemberg ini adalah kota outlet terbesar di Eropa. Dikunjungi kira-kira 2,5 juta orang per tahun, dengan sekitar 75 outlet, sebagian adalah butik-butik terkenal dan penjual barang-barang mode bermerek untuk pria, wanita, anak-anak, baju dan perlengkapan olah raga, pakaian dalam, mode berbahan kulit, dan segala macam asesori dari S. Oliver, Marcopolo, Adidas, Hugo Boss, Reebok, Escada, Esprit, Quicksilver, dll.

Menurut seorang kawan, sebagian pengunjung Metzingen adalah orang Asia. Bagi warga negara non-Uni Eropa, bisa pula belanja bebas pajak (tax free) di Metzingen.

4. Berlin, Zweibrücken, Hannover

Outlet para desainer banyak berdiri di kota-kota ini. Menawarkan pakaian dan perlengkapan olah raga hingga pakaian resmi. Mulai rumah-rumah mode termasyur hingga desianer lokal. Semuanya ditawarkan dengan harga miring.

5. Helgoland

Helgoland adalah satu-satunya pulau di laut lepas perairan Jerman. Kalau mau kesana mesti naik kapal feri besar atau pesawat terbang. Di Helgoland biasanya orang banyak membeli parfum, coklat, rokok dan minuman beralkohol. Karena berbelanja disini bebas pajak, maka harga barang-barang yang dijual pun bisa lebih murah hingga 30 persen dibanding harga barang serupa di Jerman daratan.

Kami sendiri sudah empat kali berkunjung ke Helgoland. Memanfaatkan jalan-jalan murah dari kampus kami dulu di Bremerhaven. Tentunya kami tak banyak berbelanja disana. Pemandangan alam Helgoland tak kalah menarik untuk disimak.

6. Ratingen

Di kota di negara bagian Nordrhein-Westfalen ini Esprit punya sebuah factory outlet besar. Dengan berbagai macam produk : celana, kemeja, kaos polo, kaos oblong, sweater, pakaian dalam, rok, pakaian renang, tas, dompet, dll. Berbelanja disini bisa menghemat hingga 50 persen.

7. Mönchengladbach

Bila di Ratingen ada Esprit, di Mönchengladbach (juga di negara bagian Nordrhein-Westfalen) ada outlet besar Mexx. Koleksinya mode-nya lumayan lengkap menurut informasi seorang kawan. Apalagi koleksi baju anak-anak. Sangat murah dan modelnya lumayan mutakhir. Bisa menghasilkan faktor penghematan 30-70 persen.

***

Baca juga: Outlet Barang Branded di Belanda, Designer Outlet Roermond 

20 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: