Mengurus Visa Kunjungan 3 Bulan Ke Jerman

Setiap warga negara Indonesia membutuhkan visa ketika hendak mengunjungi Eropa. Baik sebentar ataupun lama, tak ada bedanya. Tak bisa pakai Visa on Arrival (VoA). Jadi harus mengajukan langsung ke negara yang hendak dituju.

Pemerintah Jerman memberikan visa kunjungan baik untuk melancong atau dalam rangka bisnis, maksimal 90 hari untuk setiap pengajuan. Bisa dipakai sekali jalan maupun keluar masuk negara bersangkutan. Asal masih dalam tenggang waktu 90 hari tersebut.

Jika tak ingin berkunjung lama di negara ini, tak perlu mengajukan visa kunjungan 3 bulan. Bisa juga visa diberikan untuk beberapa hari hingga sebulan. Persyaratannya, tentu saja agak berbeda dengan visa 3 bulan. Visa-visa kunjungan kurang dari sebulan biasanya tak memerlukan undangan dari kerabat atau teman di Jerman. Untuk visa kurang dari 2 minggu, biasanya juga tak membutuhkan asuransi kesehatan. Meski ini adalah pengalaman dari teman, dan harus dikonfirmasi sendiri ke pihak kedutaan Jerman.

Sedangkan untuk pengurusan visa kunjungan 3 bulan, kami telah memiliki pengalaman saat mengundang orang tua kemari. Syarat pertama adalah undangan. Biasanya dibuat oleh keluarga atau teman yang tinggal di Jerman. Asalkan pihak pengundang memiliki kesanggupan untuk menjamin pihak terundang.

Undangan ini dibuat di kantor imigrasi kota pengundang. Agar bisa membuat undangan seperti ini, pengundang harus menunjukkan paspor, keterangan mengenai tempat tinggalnya (alamat, luas apartemen, dll), daftar gaji tiga bulan terakhir (untuk pekerja), atau print out jumlah uang milik kita di bank (saldo minimal harus dipenuhi). Semua bisa membuat undangan asal memenuhi persyaratan tersebut. Lama pembuatan undangan bervariasi setiap kota. Jika di Bremen dahulu undangan bisa langsung jadi, di Duren, tempat tinggal kami sekarang, butuh seminggu. Ongkos pembuatan satu undangan adalah 25 euro.

Undangan yang telah jadi tak mesti dikirim aslinya ke pihak terundang. Bisa saja kita scan, dan dikirim via email atau faximile. Sekarang undangan dan bukti pembelian polis asuransi (jika dibeli di Jerman) harus ditunjukkan aslinya. Nah, undangan ini adalah salah satu persyaratan untuk mengajukan visa 3 bulan ke Jerman, selain beberapa persyaratan lainnya.

Syarat tak kalah penting lainnya adalah asuransi selama perjalanan. Bisa dibuat oleh pihak pengundang ataupun membeli polis sendiri di tanah air. Biasanya pihak kedutaan memiliki daftar asuransi mana saja yang bisa digunakan dalam proses pengajuan visa. Bulan Juli lalu, orang tua kami membayar sekitar 200 dollar untuk asuransi, berlaku 3 bulan.

Keduanya, undangan dan asuransi dibawa bersama paspor, foto berwarna ukuran 4×6 berlatar belakang putih atau abu-abu selembar serta bukti pembelian atau booking tiket Indonesia – Jerman pp. Di kedutaan, pemohon diwajibkan mengisi formulir. Agar lebih cepat, formulir bisa di-download dan diisi dari rumah sebelumnya.

Biasanya jika semua persyaratan lengkap, pihak kedutaan tak mempersulit prosesnya. Ongkos pembuatan visa turis 3 bulan sekitar 60 euro. Berlaku untuk seluruh negara Schengen. Setelah sepuluh hari kerja, visa sudah tertempel di paspor. Herzlich Wilkommen in Deutschland!!!

143 Comments

  • desprado

    halo mba sory nich nanya lg….
    td siang saya ke kedutaan german untuk ngambil pasport saya sekalian visa.tp saya ga di kasih visanya alasannya si mereka ragu kalau nanti saya ga pergi dari german sebelum masa visanya habis.
    tapi saya udah punya tiket pp lo mba.
    mungkin karna surat keterangan cuti yang ga saya lampirkan ya?
    kalo seperti ini kita bisa banding ga ya mba?
    thank’s ya mba

  • desprado

    mba sorry ni ganggu lg.
    td siang saya balik ke kedutaan untuk ngambil pasport sekalian sama visa.tp saya ga dapet visanya mba.
    alasannya si mereka ragu kalo saya ga akan pulang ke indonesia sebelum masa visa habis.
    tapi saya udah punya ticket pp.
    memang waktu nge aply saya belum punya tp sekarang udah ada.
    kira2 mereka percaya ga ya.atau tiket pp itu cukup kuat untuk membuktikan kalo saya bakalan balik ke indonesia?
    thank’s ya mba

  • ira

    Kalau alasan mereka takut Mbak gak balik dari Jerman, kalo mnrt saya karena tiket memang belum dilampirkan, Mbak. Tiket ini setau saja memang syarat penting. Makanya lebih baik lsg dilampirkan pada saat apply pertama.

    Kalau begitu, coba Mbak banding sekali lagi (apply baru). Karena setiap orang berhak mengajukan banding sekali setelah ditolak. Pastikan lagi semua persyaratan sudah dilengkapi. Semoga berhasil,ya…

  • desprado

    halo mba hari ini saya kembali ke kedutaan.dengan surat banding dari saya dan juga pacar saya di berlin.dan juga saya kasih mereka foto copy ticket pp.dan surat kontrak kerja saya yang baru di mulai stelah tiga bulan kedepan di sebuah bengkel motor di jakarta.
    menurut mba itu semua sudah cukup kuat ga ya?thank’s mba

  • ira

    semoga saja. Tanyakan pas di kedutaan. Syarat2nya udah lengkap atau belum. Kalau kata mereka belum, jgn dimasukkan dulu aplikasinya. Lengkapi dulu persyaratan yg diminta baru mengajukan lagi.. Itu aja mnrt saya. Semoga berhasil… Salam

  • ira

    hai juga,

    ada pengalaman mamanya sohib saya. Pas ngajuin pertama ditolak. Trus beliaunya banding sambil bikin surat komplain ke kedutaan. Sama pihak kedutaan jerman, lsg disuruh apply lagi. Jadi kesimpulan saya, bisa langsung ngajuin lagi setelah ditolak.

  • desprado

    halo mba saya udah ngajuin banding ke kedutaan jerman.saya udah ngasih tikcet surat kontrak kerja saya yang akan saya mulai pada awal april dan juga surat penjelasan dari saya dan pacar saya di berlin kalau saya pasti akan pulang ke indonesia sebelum masa visa habis.trus tadi pagi orang dari kedutaan itu nelpon saya dan dia bilang pengurusan banding itu makan waktu 4 minggu.saya ga tau kenapa ko bisa seperti ini ya?
    apa mungkin karena tujuan saya mau nemuin pacar saya ya?
    karna yang saya dengar kalo tujuannya berbau percintaan bakalan di persulit apa bener?
    dan untuk temen yang sama penderitaannya kaya saya atau udah pernah ngalamin tolong bantu bagi2 informasinya ya..
    thank’mba web ini bantu banget

  • desprado

    hi adit gmana kabar pengurusan visanya saya denger visa kamu jg di tolak?
    terus gemana?kamu dah aply lg atau banding?
    kasih kabar ya apa lg kalo berhasil šŸ™‚
    siapa tau kita bisa saling membantu. ok

  • ira

    waaa…. gak nyangka kalau ribet di kedutaan, ya… Semoga ada pembaca lain yg punya pengalaman dan informasi, ya.. Shg bisa saling membantu. Kalau kami selama ini mengundang keluarga (orang tua, mertua) dan teman, alhamdulillah tak ada masalah di kedutaan.. Semoga selanjutnya sukses urursan visanya, ya Mbak…

  • Dita

    saya mau tanya nih,, untuk ngurus asuransi kesehatan ny di Indonesia itu di Dubes Jerman ny atau dimana yah mba? tq, Dita

  • ira

    Saat mengurus visa, pihak kedutaan akan memberikan daftar nama asuransi yg diakui oleh mereka. Nanti yg mengajukan visa tinggal memilih salah satu, trus menghubungi sendiri ke kantor asuransi bersangkutan.

  • Breiner Putrie

    Selamat Malam (? ??),,

    Aku mau tanya biasanya kalau mau apply visa ke German itu bener ga sich pihak dari kedutaan German akan Minta Certificate A1??
    Karena aku ada rencana nanti selesai menikah bulan Maret,Aku mau ikut Pindah dengan calon suami ku ke negara nya.Saya benar sangat membutuhkan advice nie

  • ira

    Persyaratan apply visa buat istri biasanya bisa ditanyakan lsg ke kedutaan atau konsul Jerman di Indonesia, Mbak. Saya sendiri tidak tahu secara pasti apakah memang demikian. Yg lebih tahu pasti pihak kedutaan Jerman. Waktu mau apply visa student dulu jg semua infonya saya dapetkan dari sana. šŸ™‚

  • Salsa

    Halo mbak,

    Mau tanya untuk ke Jerman bisa visa on arrival atau tidak? Maaf ya tanya, baru pertama kali soalnya. Rencana sih gak lebih dari 7 hari mbak. Thx.

  • ira

    Mbak pakai paspor indonesia? Kalau iya, gak bisa ke Jerman pakai visa on arrival. Harus apply dulu di negara tempat Mbak tinggal…:)

  • amri

    Mbak, mau tanya nih, untuk bikin Verpflichtungserklaerung itu saldo minimum brp ya? soalnya saya mau bikin Verpflichtungserklaerung untuk pacar saya yang akan ke berkunjung (liburan ke jerman). Kemarin asaya ke auslanderbehorde saya harus membuat sperrkonto. apakah setelah membuat sperrkonto itu masih diperlukan saldo minimum? kalau ada, berapa nominalnya?

  • ira

    Tiap auslƤnderbehƶrde beda2 peraturan, mas. Nilai nominalnya juga berbeda. mas sudah bekerja atau masih kuliah. Kalau sudah bekerja di tempat kami gak perlu sperrkonto. Cuma menunjukkan slip gaji tiga bulan terakhir.

    Trus yang namanya sperrkonto juga pasti ada saldo minimumnya. Jumlah uang yg harus di-sperren di konto tsb, saya tidak tahu. Mas harus konfirmasi lagi ke auslƤnderbehƶrde setempat.

  • eleonora

    mba ira,
    sy ada plan mo ambil master di jerman, nah utk student visa, di web nya embassy jerman tertulis “bila ada” bisa dilampirkan certificate a1 dari goethe atau institusi lainnya.
    kl ditulis bila ada, sy nangkepnya not compulsory, could you help me? ini compulsory / ngak ya? atau aku bisa apply tanpa cert itu?
    sdh coba contact embassynya tp ngak pernah diangkat and diemail jg smpe 1mgg ini ngak da balesan, dah diemail 2x.
    pls help me mba … thank you

  • ira

    Setahu saya dulu memang visa student tak perlu mencantumkan syarat sertifikat kursus bahasa. Tapi sekarang tisak mengikuti lagi perkembangan peraturan baru. Kalau saya tangkap sih, memang gak harus. Yang penting sudah ada letter of acceptance, biasanya sudah bisa digunakan untuk mengurus visa student.

  • Marllen Sutisna

    Hello mbak saya mau tanya nie ,… tgl 17 April lalu sya telah apply visa visit ke German tuk 3 bulan . Tapi sampai sekarang ko belum ada yang hubungi saya lagi. Kira2 berapa lama ya mbak saya harus tunggu , sya udah coba hubungi lewat telephon ke embassy tapi ga ada ynag angkat , dan juga saya telah hantar email. Mbak tolong donk kasih advise ke saya harus gimana ,… Saya jadi kuatir sekali. Makasih ya mbak … !!

  • ira

    Haloo, Mbak Marllen..

    Tgl 17 April itu Mbak udah lsg interview, gak? Kalau udah interview biasanya dikasih kaya surat pengambilan paspor gitu. Denger2 skarang malah prosesnya cuma 3 hari kerja. Nah di surat pengambilan paspor atau tanda bukti pengambilan itu ada tgl-nya kapan paspor bisa diambil. Jadi pihak kedutaan gak akan menghubungi Mbak. Coba Mbak cek lagi di berkas2 saat mengurus visa.

  • Marllen Sutisna

    Mba Ira ,… mau tanya lagi nie ,… Gimana caranya kalo mau Banding , apa saja yang harus saya lakukan … apakah saya perlu bantuan dari seoramg pengacara atau gimana mbak ? Bingung ni …

  • ira

    Apakah alasan penolakan visanya, Mbak? Jika pengajuan visa turis/kunjungan ditolak, ada dua hal yg bisa dilakukan : banding (remonstrasi) dan membuat pengajuan baru.

    Nah banding ini bisa dilakukan paling lambat sebulan setelah tgl penolakan. Ada di stempel di paspor / surat pemberitahuan penolakan. Caranya adalah membuat surat keberatan (tertulis) atas penolakan oleh pihak kedutaan dan ditandatangani yang ditujukan ke bagian visa di Kedutaan Jerman di Jakarta.
    Jika mau pembuat pengajuan yang baru, berarti harus mengulang lagi pengurusannya dari awal.

    Saya sendiri belum pernah tahu apakah perlu menggunakan pengacara untuk mengurus banding atau tidak. Sebab pihak kedutaan memang berhak menolak aplikasi visa yang diajukan. Semoga berikutnya lancar, ya….

  • Marllen Sutisna

    Mbak Ira ,… alasan penolakannya di sana tertulis dalam bahasa Inggris ” Your intention to leave the territory of the Member States before the expiry of the visa could not be ascertained”

    Saya nggak tau apa maksudnya , kalau mereka takut saya nggak akan pulang lagi itu salah , karena jelas2 waktu apply visa saya tulis kapan saya mau berangkat and kapan saya akan pulang .
    Mbak tolong donk kasih saya contoh gimana buat surat complain itu , makasih mbak …

  • ira

    Kalau saya simpulkan memang penolakannya krn khawatir Mbak gak akan pulang. Soalnya denger2 memang ada bbrp kejadian seperti itu.

    Saya sendiri belum pernah membuat surat komplain, jadi tidak punya contohnya. Cuma saya pernah dengar dari teman, sebaiknya saat komplain disertai bukti2 yg meyakinkan bahwa Mbak bakal pulang ke Indonesia. Misalnya kalau Mbak karyawati, minta surat dari bos/kantor, bahwa Mbak bekerja di sana, dan akan balik lagi bekerja setelah pulang dari Jerman. Atau kalau mahasiswa minta surat dari universitas, dsb. Atau kalau punya aset berharga seperti rumah, tanah, dll, disertakan buktinya.

  • Marllen Sutisna

    Ok …. makasih ya mba atas semua informatinya … Saya akan buat appeal letter dan juga buat surat komplain sebagaimana yang mba Ira sarankan. Dan juga saya akan minta boss saya buat surat untuk buat surat lagi…

    Minta do’anya ya mba , semoga kali ini berhasil dan saya boleh dapat Visa…

    Hormat Saya,
    Marllen

  • Ika Rosidah

    Dear All,

    saya mau berbagi saja, thn 2009 saya pernah mengajukan visa kunjungan 3 bulan. Setelah proses wawancara saya membayar biaya visa dan diberi surat pengantar untuk pengambilan visa dalam 10 hari kerja. Pada tanggal yang tertera dalam surat pengambilan visa saya datang ke kedutaan Jerman dan alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui bahwa visa saya ditolak dengan alasan yang sama persis dengan yang diungkapkan oleh mbak2 di atas, yaitu keraguan bahwa saya tidak akan kembali ke Indonesia, padahal Unterlagen saya sudah sesuai dengan yang diminta kedutaan, bahkan tiket saya sudah bayar lunas. Setelah saya menghubungi pihak kedutaan via phone untuk menyampaikan keberatan atas penolakan visa tersebut, kepala bagian visa menyarankan agar saya menyampaikan surat ijin dari atasan dan surat keterangan dari pacar saya. Surat tersebut sudah saya ajukan per email kepada kedutaan, tetapi tetap saja visa saya ditolak.

    Sampai sekarang saya belum berkesempatan menginjakkan kaki di Jerman karena saya jadi takut dan ragu2 kalau saya mau mengajukan visa lagi. Memang banyak kasus yang terjadi bahwa beberapa oknum datang ke Jerman dengan visa turis tetapi mereka menyalahgunakan ijin tersebut, sehingga sekarang ini semakin tahun akan ada pembaharuan peraturan di negara Schengen (euro codex) untuk memberi ijin masuk ke negara Schengen sehingga akan semakin ketat dan sulit untuk mendapatkan visa Schengen.

    LG. Ika

  • wiez

    Mbak salam kenal, saya mau tanya
    saya diberi undangan dr teman saya berupa “verpflichtungserklƤrung” tapi pada bagian duration of obligation tertulis “vom beginn der voraussichtlichen VisumgĆ¼ltigkeit am 01.12.12 bis zur Beending des Aufenthalts o.g. AuslƤnders / in oder bis zur Erteilung des Aufenthaltstitels zu einem anderen Zweck” teman saya bilang saya dpt menggunakannya untuk applay visa selama 3 bln, yg saya pertanyakan:
    1. jenis visa apa yg saja ajukan nantinya ? visa turis atau visa visit/kunjungan.
    2. knp dalam “verpflichtungserklƤrung” yg dikirimkan tidak terdapat jangka waktu seperti (3 bulan)?
    3. tujuan saya kesana hanya untuk mengunjungi teman saya dan keluarganya, dan belajar bahasa karena saya sdh mengambil sertifikat A1 di Goethe.
    4. Adakah untuk visa kunjungan di perlukan rekening koran juga?
    5. Apakah visa 3 bulan selalu susah dan di tolak?
    terimakasih sebelumnya.

  • ira

    Halo, salam kenal juga…
    1. karena dapat undangan dari teman, maka visa yg diajukan adalah visa kunjungan /besuchervisum.
    2. Biasanya di VerpflichtungserklƤrung yg tertulis memang tgl mulai berlakunya. Dan bisa digunakan utk maksimal kunjungan 3 bulan sejak tgl kedatangan di Jerman.
    4. Biasanya kalau sudah ada VerplichtungserkƤrung tak perlu menggunakan rekening koran lagi.
    5. Kalau masalah ditolak atau tidak itu wewenang kedutaan. Krn ada yg bilang susah, ada yg bilang mudah. Yang paling penting adalah kelengkapan persyaratan. Setelahnya, ya pihak kedutaan yg memutuskan…:)

  • wiez

    Mbak Ira terimakasih yah atas infonya. saya mau tanya lagi tentang surat keterangan kerja, kira2 apa saja isi yang terlampir dalam surat keterangan kerja. šŸ™‚ sebelumnya terimakasih

  • dewi

    halo salam kenal semua, saya ingin berbagi masalah visa schengen kedutaan Jerman, kebetulan sebulan yang lalu saya mengajukan visa schengen di kedutaan jerman dan alhamdullilah visa saya keluar. Buat mbak ira, mengenai surat keterangan kerja yang jelas tertera nama lengkap mbak, posisi mbak ditempat kerja, berapa lama kerja ditempat kerja mbak sekarang, nomor passport, alamat rumah dan berapa lama mbak akan berkunjung kesana (cantumkan dari tangal berapa sampai tanggal berapa)serta jaminan dari pimpinan mbak di tempat kerja kalau habis berkunjung mbak akan kembali ke indonesia. okay, semoga ini bisa membantu

  • tsa

    mbak dewi kalo boleh tau visa yang mbak ajuin berapa lama dan visa apa? apakah menggunakan sponsor juga? mohon infonya. terimakasih

  • laili

    permisi, mohon tanya to all…

    adakah yang tahu untuk informasi mengenai study di jerman jalur beasiswa?

    bila melalui agent study at jerman, jujur mahal sekali, adakah yang berkenan bantu info untuk saya. sekian dan terimakasih all…

    salam

  • tutik

    permisi mbak mbak…….
    saya mau numpang nanya nich mbak and semoga saya bisa dapatkan balasan informasi dari mbak mbak secepetnya…
    rencana tgl 1 desember nanti saya mau kegerman dan saya sudah mengumpulkan persyaratan untuk apply visa.tapi saya masih ragu untuk mengajukannya karna saya pengangguran dan otomatis saya tidak melampirkan surat dari boss dan oleh karna itu saya takut kalau pengajuan saya nanti di tolak. tolong mbak mbak…saya minta sarannya sebaiknya saya harus bagaimana..
    terima kasih,
    tutik

  • ira

    Halo Mbak Tutik,

    buat ke Jerman, Mbak pakai undangan atau berniat jalan2 sendiri saja? Kalau untuk jalan2 menurut saya gak papa meskipun sedang tidak bekerja. Mbak bisa menunjukkan print deposito atau simpanan di bank. Atau surat2 properti yang Mbak punya, agar pihak kedutaan yakin Mbak bakal kembali ke Indonesia. Kalau mereka bisa diyakinkan, saya pikir urusan visa tak bakal ada masalah…:)

  • lya

    Halo Mbak Ira,
    saya baru pertama kali apply visa schengen di Jerman.
    saya mendapat surat undangan dari teman saya “Verpflichtungserklarung” ( Visum nur fur Besuchszwecke)
    pada saat pengajuan saya apply visa turis dan melampirkan dokumen yang diperlukan. saya self employee jenis usaha “maklon” home industry dimana semua produksi dan bahan baku dikerjakan oleh pemberi jasa, dan saya pelaku operasional mulai dari penjualan , promosi dan distribusi. pada ssat diinterview meeka menanyakan bukti pendukung, saya lampirkan busines card saya, dan mereka tidak meminta perihal lainnya. (booking tiket : 15 des 2012 -15 jan 2013)tanggal kedatangan saya di jerman tgl 16 desember 2012 dan tanggl meninggalkan herman tgl 14 januari 2013. dan visa saya expired tgl 15 juli 2013, apakah ada masalah dengan validasi paspport saya dengan tgl kepulangan?

    setelah selesai saya mendapat tanda terima untuk pengambilan , pada saat yang mengambil pada jadwal yang telah ditentukan, ternyata mereka menolak visa saya dengan alasan :
    8. the information submitted regarding the justification for the purpose and conditions of the intended stay was not reliable
    9. your itention to leave the terriitory of the member states before the expiry of the visa could not be ascertained.

    dan di surat undangan yang saya terima, di bagian ” duration of obligation” viraussichtliche einreise 15.12.201

    planningnya saya akan mengunjungi teman saya dan vacation pada tgl 15 desember 2012 yang saya ingin tanyakan adalah :
    1. apakah saya bisa re-apply visa kembali?
    2. apakah saya harus memberikan surat complain dan surat naik banding terlebih dahulu dari saya dan pihak teman saya untuk ditujukan ke bagian Visa?

    Mohon sarang dan sharingnya šŸ™‚

    Thanks
    Lya

  • ira

    Halo Mbak Lya…

    Tentu saja Mbak bisa coba apply visa lagi dari awal. Tapi kalau Mbak bawa data2 yang sama lagi dg saat pengajuan pertama, kemungkinan bakal ditolak lagi juga besar. Kuncinya adalah meyakinkan pihak kedutaan bahwa Mbak bakal balik lagi ke Indonesia. Coba bawa surat2 properti yang Mbak punya. Atau menunjukkan deposito dll.

    Kalau mau banding, setahu saya prosesnya lebih lama. Mbak harus menunggu bbrp minggu sebelum surat bandingnya ditanggapi.

  • ruri

    Hai mbba, saya mau tanya. Teman saya sedang mengurus visa undangan dari sana. Nah yang ingin saya tanyakan apakah yg diperlukan hanya bukti booking atau perlu tiket yg sudah dibeli? Kemudian untuk masalah surat keterangan kerja kebetulan saya baru saja menyelesaikan kontra diperusahaan yg lama sehingga statusnya menganggur. Adakah tips dari mba mengenai kendala dalam surat keterangan kerja tersebut? Memangnya kalau sekarang memang harus pakai itu ya? Terimakasih sebelumnya šŸ™‚

  • ira

    Bisa pakai bukti booking saja. Surat keterangan kerja kalau ada sebaiknya ditunjukkan. Untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa kita akan kembali ke Indonesia. Jika tidak mungkin bisa menunjukkan bukti properti atau deposito di Indonesia. Demikian yg saya ketahui, Mbak..

  • ruri

    hai mba, tanya lagi… kalau mau bikin termine itu via telfon atau lewat eabnya ya? kalau memang ada link nya bisa di share ga mba? terimakasiiih. hehe

  • Lya

    Hi Mbak Ira,
    Thanks banget , infonya šŸ™‚ Aku udh jawab pd saat sesi interview
    Kalo aku join sm kakak Bantuin home industry. Jd aku gak submit Surat ktrgan kerja.
    Apa itu yg jd salah satu reasonnya yah.
    Pagi ini aku submit appeal letter, dan mrka hanya blg tggu aja jawaban dari beliau
    Untuk mengetahui kapan saya bisa apply visa lagi atau tidaknya šŸ™
    Sedangkan planning akan segera berangkat minggu ke-3 Desember ini.
    Mohon dukungan & doa nya yah Mbak Ira Dan teman2 šŸ™‚

    Lya

  • Meta

    Hallo,

    Saya Meta, salah satu mahasiswa yang sedang studi juga di Jerman. Saya ingin bertanya mengenai artikel diatas. Dan kemungkinan saya juga ingin malakukan hal demikian..
    boleh tahu step2nya ? dan jikalau berkenan boleh saya minta alamat email/ FB nya ? karena saya rasa itu lebih simple.
    Terimakasih sebelumnya untuk artikel diatas. Sangat menarik perhatian! šŸ™‚

    Salam,
    Meta

Leave a Reply

%d bloggers like this: