Mengurus Visa Kunjungan ke Indonesia

Bulan lalu keluarga pelancong diminta tolong oleh seorang Bapak untuk mengurus visa kunjungan ke tanah air kita. Beliau berasal dari Tanjung Pinang dan sudah memiliki paspor Jerman sejak sepuluh tahun terakhir.

Lama sebelum berencana mengunjungi Indonesia, beliau sempat bingung, kenapa harus membuat visa. Kan saya orang indonesia, kata beliau. Beliau lupa warga meski orang asli indonesia, tapi paspornya bukan paspor indonesia, ya tetap harus pakai visa kunjungan. Kecuali dari negara-negara tertentu yang bebas visa kunjungan.

Mulanya beliau ingin membuat Visa on Arrival (VoA) saja. Tapi beliau turun di Singapura, lanjut dengan feri ke Tanjung Pinang. Dan tak tahu apakah bisa membuat VoA jika masuk Indonesia lewat pelabuhan laut. Selain itu kunjungannya juga berlangsung hampir dua bulan. Artinya jika mamakai VoA yang berlaku sebulan, beliau mesti keluar dulu ke negara tetangga sebelum masuk lagi ke Indonesia. Ribet. Makanya akhirnya yang bersangkutan memutuskan untuk mengajukan permohonan visa ke konsul Indonesia di Hamburg.

Bingung oleh segala macam urusan. Beliau meminta bantuan kami. Kami pun mencari informasi lewat internet, mencetak formulir pengajuan visa dari kedutaan, membantu mengisi isiannya. Saat mengisi sempat bingung, sebab ada kolom sponsor dari Indonesia. Kami tanyakan ke seorang teman yang telah berpengalaman. Katanya, jika kunjungan dilakukan tak lebih dari dua bulan, maka tak butuh sponsor atau penjamin dari tanah air. Dan kolom isian sponsor dibiarkan kosong. Isian lainnya berupa data diri lainnya. Kami isi semuanya, mengirimkannya kembali ke sang Bapak, meminta beliau menempelkan foto dan tanda tangan. Setelah itu formulir pengajuan beliau kirim beserta paspor dan kopian tiket pesawat terbang ke konsul melalui pos. Disertai dengan amplop dan perangko balasan.

Setelah hampir dua minggu, beliau menelpon, memberitahukan bahwa belum ada kabar dari konsul. Beliau juga belum membayar ongkos pengurusan sebesar 45 euro. Tak tahu mau ditransfer kemana, kata beliau. Kami carikan lagi informasi di internet dan meminta beliau menelpon langsung ke pihak konjen.

Tadi siang, dengan gembira beliau memberitahukan visa sudah jadi. Padahal baru tadi pagi beliau mentransfer uang serta mengirimkan tanda bukti pembayaran ke pihak konsulat. Belaku enam puluh hari, tutur beliau.

171 Comments

  • Asri yanti Yanti

    Hi mba ira saya mau tanya. Saya orang indonesia tapi bekerja di malaysia saya punya pacar orang banglades. Minggu depan saya mau bawa pacar saya ketemu keluarga. Apakah pacara saya perlu mengambil visa atau tidak???

  • Asri yanti Yanti

    Hi mba ira sya yayan saya WNI saya memiliki pacar orang banglades. Minggu depan saya dan pacar saya pergi ke indonesia hanya 4 hari. Apakah pacar saya perlu visa atau gak ya mba????

  • Dian

    MB Ira..saya mau tanya bagaimana mengurus visa masuk ke Indonesia ,kewarganegaraan negarawan Pakistan ,tinggal di Qatar..rencana berkunjung 3/6 bln..klub bisa jwbnya paket bagasi Inggris ya..biar bisa saya copy langsung dan saya kirim ke teman saya?

  • ira

    @Dian: kalau mau ke Indonesia dalam waktu lama, coba ditanya syarat2nya ke kedutaan Indonesia di Doha. Karena untuk dalam jangka waktu lama, mestinya tidak menggunakan visa kunjungan biasa.

  • Suriani

    Hi mba ira,,,saya mau nanya gmn caranya menggurus visa Indonesia ,,,kewarganegaraan India,,,tinggal diindonesia,,,rencana kita mau nikah diindonesia,,,

  • ira

    @Suriani: Kalau calon suaminya sudah di Indonesia, berarti sudah punya visa Indonesia, ya Mbak? Kalau untuk prosedur menikah dengan WNA di Indonesia, Mbak sudah coba menghubungi kantor imigrasi Indonesia?

  • yana

    hye kak ira aku mau nanya tentang visa,,q punya pacar orang india dan sebentar lagi dia mau datang ke indonesia tapi lewat malaysia ,,apa bisa dapat VOA karena lewat negara lain dan gimana caranya,,terima kasih kak sebelumnya

  • ira

    Yana: Bisa tetap dapat VoA meski lewat negara lain dulunya. Dapat VoA-nya pas sudah masuk bandara Indonesia.

  • Santi

    Mba ira,saya tanya
    Saya punya teman dr Afrika dia rencana mau tinggal disini lalu bagaimana cara untuk mengurus visanya

  • ira

    @Santi: Teman Mbak tinggal di negara mana? Harus dicari dulu info mengenai kedutaan Indonesia terdekat dari tempat tinggal teman Mbak Santi.

  • zahwa

    hi mbak ira saya zahwa punya teman pakistan, mau kunjung ke bali bagaimana cara aply visanya..mohon jawabnya di tulis bahasa inggris ya, klo punya agen perjalanan ke bali plus pengurusan visanya bagi warga pakistan bagi infonya ya. sya tunggu balasannya di email zahwaciprut0920@gmail.com. matursuwun

  • ira

    @Zahwa: Menurut saya, temannya sebaiknya langsung menghubungi KBRI di Islamabad, Mbak. Mereka pasti punya informasi lebih mutakhir mengenai persyaratan aplikasi visa Indonesia dari Pakistan.

  • Refi

    Assalamu’alaikum..
    Ma’af mbak, saya mau nanya bagaimana cara membuat visa untuk teman saya dari pakistan mau kunjungan ke indonesia. Terima kasih…

  • Sutari Sutari

    Assalamualaikum wr wb,maap sy mau tanya untuk voa jika sudah melakukan perpanjangan 30 hari kedepan apakah TKA pada saat melakukan pembelian tiket mesti hanya untuk kedatangan keindonesia ataukah seaklian berikut tiket pulang lagi?

  • ira

    @Sutari: Waalaikum salaam. Tiket keluar Indonesia kadang ditanyakan oleh pihak imigrasi ketika masuk Indonesia. Kalau tidak ada tiket keluar Indonesia, mungkin bisa menyiapkan jawaban yang masuk akal.

  • nani

    mba ira saya mau tanya temen saya kerja di china tapi pemegang passport iran mau ke indonesia. berapa lama ngurus visanya? kalau lewat singapore atau malaysia bisa voa ke indonesia?

  • Elisabeth Carolina Samori

    Teman Saya dari Bangladesh mau ke Indonesia, Bagaimana Cara membuat Surat Sponsor, Karena Saya yg mensponsor Nyan dari Timika , dan rencana berangkat akhir December 2019, mohon bantuannya, surat2 Saya, sudah Saya email ke Kantor Embassy Dhaka,

Leave a Reply

%d bloggers like this: