Mengurus Visa Kunjungan ke Indonesia

Bulan lalu keluarga pelancong diminta tolong oleh seorang Bapak untuk mengurus visa kunjungan ke tanah air kita. Beliau berasal dari Tanjung Pinang dan sudah memiliki paspor Jerman sejak sepuluh tahun terakhir.

Lama sebelum berencana mengunjungi Indonesia, beliau sempat bingung, kenapa harus membuat visa. Kan saya orang indonesia, kata beliau. Beliau lupa warga meski orang asli indonesia, tapi paspornya bukan paspor indonesia, ya tetap harus pakai visa kunjungan. Kecuali dari negara-negara tertentu yang bebas visa kunjungan.

Mulanya beliau ingin membuat Visa on Arrival (VoA) saja. Tapi beliau turun di Singapura, lanjut dengan feri ke Tanjung Pinang. Dan tak tahu apakah bisa membuat VoA jika masuk Indonesia lewat pelabuhan laut. Selain itu kunjungannya juga berlangsung hampir dua bulan. Artinya jika mamakai VoA yang berlaku sebulan, beliau mesti keluar dulu ke negara tetangga sebelum masuk lagi ke Indonesia. Ribet. Makanya akhirnya yang bersangkutan memutuskan untuk mengajukan permohonan visa ke konsul Indonesia di Hamburg.

Bingung oleh segala macam urusan. Beliau meminta bantuan kami. Kami pun mencari informasi lewat internet, mencetak formulir pengajuan visa dari kedutaan, membantu mengisi isiannya. Saat mengisi sempat bingung, sebab ada kolom sponsor dari Indonesia. Kami tanyakan ke seorang teman yang telah berpengalaman. Katanya, jika kunjungan dilakukan tak lebih dari dua bulan, maka tak butuh sponsor atau penjamin dari tanah air. Dan kolom isian sponsor dibiarkan kosong. Isian lainnya berupa data diri lainnya. Kami isi semuanya, mengirimkannya kembali ke sang Bapak, meminta beliau menempelkan foto dan tanda tangan. Setelah itu formulir pengajuan beliau kirim beserta paspor dan kopian tiket pesawat terbang ke konsul melalui pos. Disertai dengan amplop dan perangko balasan.

Setelah hampir dua minggu, beliau menelpon, memberitahukan bahwa belum ada kabar dari konsul. Beliau juga belum membayar ongkos pengurusan sebesar 45 euro. Tak tahu mau ditransfer kemana, kata beliau. Kami carikan lagi informasi di internet dan meminta beliau menelpon langsung ke pihak konjen.

Tadi siang, dengan gembira beliau memberitahukan visa sudah jadi. Padahal baru tadi pagi beliau mentransfer uang serta mengirimkan tanda bukti pembayaran ke pihak konsulat. Belaku enam puluh hari, tutur beliau.

169 Comments

  • Ike

    Dear Mb Ira,

    Saya Ike, pacar saya orang Kurdistan ingin berkunjung ke Indonesia tapi dalam mengurus visa Indonesia sangat lama hampir 2 bulan namun visa tak kunjung selesai, yg saya tanyakan apakah krn sponsornya adalah sponsor pribadi bukan perusahaan ya? dan apakah ada penyebab lainnya?
    Terima kasih

  • ira

    @Ike: Udah ditanyakan ke pihak imigrasi kah? Penyebab pastinya saya nggak tahu. Tapi proses itu kan untuk memastikan bahwa semuanya jelas dan aman. Semoga segera dapat visanya, yah….

  • Putri

    dear nba Ira,

    sebelumnya terimakasih atas infonya,
    btw saya mau bertanya kalau pemegang passport UK british yang ingin traveling ke indonesia tapi datang dari Bangkok apakah bisa mengajukan VOA? karna saat VOA nanti akan ditanyakan Return ticket, apakah boleh jika pemegang pasport British datang dari Bangkok dan ingin melanjutkan traveling ke Indonesia lalu memperlihatkan return tiket ke UK?
    terimakasih

  • Iswati

    Dear mba ira

    Saya mw bertanya byk nie. Ceritanya pacar saya di uk mau berkunjung ke indonesia lalu saya harusnya bikin sponsor buat dia visa kunjungan apa yang harus saya lakukan kemana musti saya bikin permohonan sponsor itu. Soalnya dia meninggalkan dokument di airport saya ditlp cargo utk sehera menstransfer sejumlah uang besar lagi tapi saya tidak lakukan takut penipuan untuk itu saya mohon penjelasannya kalopun tidak utk sekedar pengetahuan

  • ira

    @Iswati: Warga negara UK, gak perlu visa atau pun sponsor apa2 kalau mau masuk Indonesia, Mbak. Kalau2 minta transfer sejumlah uang, itu mah jelas2 penipuan.

  • shanty

    Dear mba ira…saya mau tanya ttg persyaratan untuk membuat visa kunjungan ke indonesia?… tolong di bantu…

  • Iteung

    Dear mb ira tolong bantu saya..bagai mana caranya ngasih visa ke pakistan..dan berapa biyayanya makasih

  • Geby

    Halo kak Ira.. Perkenalkan saya geby.. Daya mau bertanya kak.. Tmn saya dari Arab Saudi ingin ke Indonesia selama 3 Bulan.. Bagaimana cara pengurusan visa nya? Bagaimana saya mendapatkan form pengajuan visa seperti yang kak Ira ceritakan? Terima Kasih sebelumnya..

  • Mba ira klo temen maman saya dari arab mau liburan keindonesia gimana ya persyaratannya soalnya dia asal ngaranya dr pakistan.dan klo buat visa sekitar berapa biayanga.thanks

  • Rara

    @mba ira

    Mba mohon info untuk teman saya warga kurdishtan, iraq. Bagaimana untuk mengajukan visa kunjungan ke Indonesia ya mba? Karena di Iraq tidak ada kantor keduataan indonesia disana, juga Iraq masuk di 11negara termasuk (calling visa) atau negara yang rawan. Gimana ya mba untuk dapatkan info mengenai pembuatan visa dia?

  • Dita

    Bagaimana caranya agar WNA Tajikistan mendapatkan visa ke Indonesia dan bisa tinggal tetap di Indonesia

  • Rizka

    Maaf, saya dimintai bantuan teman yang ingin berkunjung ke indonesia dalam rangka liburan dan ingin mengajukan visa kunjungan. Apakah bisa membantu saya?

  • Rizka

    Passpor libya mbak ira. Dia bisa apply visa kunjungan krna negaranya termasuk.
    Bisa membantukah?
    Atau mungkin ada kontak untuk ngobrol lebih private mbak?

  • ira

    @Rizka: dulu ada pembaca blog bernama Mbak Yanti, katanya beliau pakai agen. Entah alamat emailnya masih valid apa nggak.

  • Perkenalkan nama saya Rika mba, mba ira. saya mau nanya. pacar saya WN Turki dan akan berkunjung keindonesia, dan sekarang dia sedang membuat visa kunjungannya. saya boleh minta bantuan mba ira? bagaimana cara membuat surat sponsor untuk visa turki mba? saya bingung isinya bagaimana mba. terima kasih πŸ™‚

  • ira

    @Rika Rumida: Emang pacarnya mau berapa lama tinggal di Indonesia? WN Turki kalau tidak lebih dari 30 hari, bukannya bisa pakai Visa on Arrival atau bahkan bebas visa? Kalau pakai Visa kunjungan tanpa sponsor, bisa dapat dua bulan. Coba tanya langsung ke pihak imigrasi. Mestinya kalau WN Turki urusannya gak terlalu ribet.

  • Roro

    Mba Ira mohon bantuannya, teman saya orang Pakistan, saat ini dia dimalaysia sedang kuliah, dan dia akan berkunjung ke Indonesia selama 1minggu, bagaimana cara saya mengurus visa nya mba, ? Mohon penjelasannya . Mksh..

  • ira

    Roro: coba langsung menghubungi kedutaan Republik Indonesia di Malaysia. Mereka pastinya punya informasi lebih akurat dan jelas. πŸ™‚

  • murniasih1995

    Malam mb ira.saya murni
    Mau tanya kalau temen dari arab mau ke indonesia buat sekolah gimana ya ngurusnya?
    Apa hanya perlu visa

  • Ari

    Mba ira Mau tanya. Teman saya orang india, rencana bulan depan mau datang ke indonesia. Dia rencana untuk kerja di temoat saya, tp untuk sementara saya minta dia stay untuk 60 hari karna jatah visa non sponsor itu 60 hari dengan pendaftaran ulang visa kembali sebelum 30 hari untuk continue, kalau lebih dari 60 hari harus ada sponsor. Soalnya saya sudah tanya ke imigrasi yg di bandung. Katanya untuk WN India bisa pake visa on arrival. Nah yg saya blm tau bagaimana proses visa on arrival nya.
    Saya sudah baca bbrapa blog sih, cuman saya baru nanya langsung ke mba ira aja. Sama mau tanya juga. Bagaimana untuk buat visa kerja.
    Terimakasih

  • ira

    @Ari: Warga negara India memang bisa pakai Visa on Arrival ke Indonesia. Tapi itu untuk masa kunjungan tidak lebih dari 30 hari. Visa jenis ini seh biasanya untuk kunjungan biasa, bukan dalam rangka bekerja. Kalau visa kerja, saya belum tahu cara pengurusan serta syarat2nya.

  • Ari

    Terimakasih atas jawaban nya mba ira, tp kmarin saya nanya sih ke imigrasi yg di bandung katanya bisa sih free visa pake visa on arrival tp itu untuk kurang dari 30 hari, nah kalau misalnya mau continue visa itu harus bayar dari pertamanya kalau gasalah 350.000, nah kalau mau continue lagi untuk 30 hari selanjutnya bayar lagi 350.000

  • Nisa

    Hii mbk ira saya mau tanya. Teman saya orang india, rencana dia mau datang ke indonesia untuk keperluan bisnis untuk membahas product dari saya. tapi, karena saya juga belum pernah mempunyai pengalaman pergi keluar negri, jadi saya juga agak bingung. Harus mulai dari mana dulu? Buat bantu dia agar bisa datang ke indonesia.
    Saya juga sudah baca ke beberapa blog. cuman saya masih bingung mbk.. & saya baru nanya langsung ke mba ira aja. Karena teman2 saya juga kurang paham sama yang masalah beginian. Karena teman saya juga belum punya pengalaman pergi keluar negri gitu. Tolong buat bantuanya ya mbk ira…
    Terimakasih

  • ira

    @Nisa: warga negara India bisa datang ke Indonesia dengan Visa on Arrival, maksimal 30 hari. Tinggal beli tiket ke Indonesia, nanti visanya diurus pas sampai di bandara Indonesia

  • Mbak ira,ada teman dr US dia mau berkunjung ke Indonesia ddab akan tinggal dlm waktu kurang lebih 1th, katanya hrs ada sponsor untuk pembuatan visa sosial, ini sy sedang di imigrasi jogja, tp tdk dpt jawaban yg pasti utk sarat apa saja jk saya jd sponsor teman sy itu..mungkin mbak tau lebih detil

  • Ari

    Halo mba ingin membantu sedikit. Untuk visa sosial budaya pihak sponsor harus mengunjungi mentri kebudayaan atau untuk pendidikan atau pertukran pelajar harus mngunjungi dinas atau mentri pendidikan. Prosesnya juga lumayan memakan waktu. Dan HARUS jelas apa tujuan orang asing tersebut selama tinggal di indonesia.

  • Titan maryoum

    Maaf ni mbkira saya mau tanya..saya punya teman org india dia tinggal di UAe rencana nya dia ingin berkunjung ke indonesia mungkin cuma 1 minggu visit nya.. gimana cara mendapatkan vissa dari indonesia nya mbk ..mohon info nya..makasih

  • ira

    @Titan Maryoum: Kalau cuma satu minggu, warga negara India bisa mendapatkan visa on arrival. Langsung beli tiket ke Indonesia. Ntar di bandara gede kayak CGK bisa langsung diurus visanya.

  • Ari

    Sedikit nambahin juga. Visa on arrival free 30 hari untuk warga india. Bisa juga continue visa buat 30 hari lagi, cuman itu harus bayar 350.000

  • Reza

    Mba mau tanya pacarku kan orang dubay. .Dia meminta saya buatkan visa untuk dia ke indonesia.. Itu caranya gmn. .And emang bisa dibuatkan di indonesia untuk visanya? ?trs biayanya sekitar brp ya

  • Fadillah

    Mbaa.. mau nanya dong, ada temen saya WN turki mau berkunjung liburan gitu ke indonesia, trus dia nanya gimana cara urus visanya, free nggak mbak? Berapa lama waktunya ya mbak? Mohon penjelasannya mbakk..

  • ira

    @Reza: WN UAE gak perlu visa masuk ke Indonesia, kalau gak lebih 30 hari kunjungan. Tinggal beli tiket dan terbang ke Indonesia.

  • ira

    @Fadillah: WN Turki juga gak perlu visa masuk Indonesia kalau gak lebih dari 30 hari kunjungan. πŸ™‚

  • Maria

    Saya kerja di hongkong dan saya nanti mau pulang libur sekalian aja majikan sy yg satu,tu gimana cara buat visa,bayar dan butu proses brapa lama.?

  • Riry

    Mau tanya ni Mbk Ira, teman saya orang India Uttarakhan, bekerja di Konggo,kenya,kenshasa, dia ingin ke, Indonesia…jika kunjungannya 1bulan bagaimana urus visanya dan bagaimana jika kunjungannya 3 bulan atau Jika kunjungannya utk 1 tahun, bagaimana cara pengurusan visanya. .Terima kasih sebelumnya atas semua bantuan..

  • ira

    Riry: Warga negara India bisa pakai Visa on Arrival kalau datang ke Indonesia. Ngurusnya langsung pas datang di bandara Indonesia.

  • Anisah Fahma

    Mbk ira .. .Mau tanya saya nisa WN malaysia asalnya saya WNI
    Apa yg harus saya buat utk saya kembali ke Indonesia krn sekarang suami saya meninggal dunia. . ..Saya mau bawa anak-anak saya tinggal di Indonesia dan sekolah disana. … . ?Tolong bantu yaa Mbk Ira
    Terima kasih

  • ira

    @Anisah Fahma: Sebaiknya Emak langsung berkonsultasi dengan bapak ibu di KBRI/KJRI di Malaysia. Bertanya bagaimana prosedur agar bisa membawa anak2 dan tinggal di Indonesia lagi dengan ststus WNA.

  • Pagi Mba Ira,

    Saya mau tanya. Kalau untuk perpanjang visa dokumen yang harus disiapkan apa aja ya? Karena saya baca di situs imigrasi, saya bingung yang mana. Trus kalau pakai jasa calo kira2 biaya nya brp ya mba?
    Terima kasih mba Ira ..

Leave a Reply

%d bloggers like this: