Tag: Keluarga Pelancong

Terbang dengan Batik Air

Terbang dengan Batik Air

Featured, Kisah Perjalanan
Di mana dan ke mana saja, keluarga pelancong tidak fanatik dengan maskapai penerbangan tertentu. Tentu pengen dapet tiket pesawat dengan harga semurah mungkin. Walau harga bukan selalu jadi patokan kami memilih. Kami juga mempertimbangkan waktu take off, lamanya transit, dan berbagai pertimbangan lainnya. (more…)
Wisata Kuliner di Konjic, Bosnia-Herzegovina

Wisata Kuliner di Konjic, Bosnia-Herzegovina

Featured, Kuliner
Meski membawa perlengkapan masak lengkap, serta di penginapan tersedia dapur, selama di Bosnia kami pilih makan di luar. Lha harga-harga makanan relatif terjangkau, enak-enak, dan halal. Yo mangan njobo ae. Kali ketiga di Bosnia, kami menginap 3 malam di Konjic. Di Hostel Stecak namanya. Di puncak musim panas, suhu bisa mendekati 40°C. Puanass poll. Bahkan meski di penginapan terdapat kipas angin yang didinginkan dengan air, rasanya nggak ngangkat. Tetep panas. Lain kali mesti nginep di kamar ber-AC, neh. (more…)
Kulineran di Bandar Lampung

Kulineran di Bandar Lampung

Featured, Kuliner
Selagi berada di Indonesia, waktu yang ada kami pergunakan sebaik mungkin buat: wisata kuliner. Ya kapan lagi bisa makan-makan enak, tanpa perlu masak sendiri. Demikian pula saat kami ke Bandar Lampung beberapa tahun lalu. Turun dari pesawat, naik taksi online menuju penginapan, kami mendapatkan beberapa rekomendasi makanan oleh Bapak sopir. Rekomendasi lain kami dapatkan dari seorang teman di Bandar Lampung. Yang rumahnya sempat kami singgahi. Pun beberapa teman urun saran melalui dunia maya. Jan, soal panganan, cuepet banget, kanca-kancaku iki. (more…)
Rafting Neretva

Rafting Neretva

Featured, Kisah Perjalanan
Kali ketiga ke Bosnia-Herzegovina, kami datang di musim panas. Yey. Akhirnya bisa menemukan suasana berbeda di sini. Di musim panas, turis Sarajevo jauh lebih banyak. Di kedatangan ketiga, beberapa hal baru kami temui di kota ini, termasuk Masjid Bey yang tambah cakep, usai renovasi. Kami tak menginap di Sarajevo. Hanya menghabiskan waktu beberapa jam di sana. Tujuan utama kami ke Bosnia adalah menjajal rafting di Sungai Neretva. Sungai tersebut mengalir lewat kota Konjic, lalu ke arah Mostar. Jembatan legendaris Mostar melintang di atas Neretva. Sungai bening biru-kehijauan. (more…)
Backpacking Pahawang

Backpacking Pahawang

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Kala itu, karena harga tiket pesawat terlalu mahal buat kami di musim panas, kami pilih mudik di musim dingin. Di liburan natal dan tahun baru, akhir Desember hingga awal Januari. Waktunya hanya dua minggu saja. Seminggu kami habiskan di rumah orang tua. Lima hari sisanya mau kami manfaatkan untuk mengunjungi salah satu provinsi di tanah air. (more…)
Sehari di Kosovo

Sehari di Kosovo

Featured, Kisah Perjalanan
Makedonia Utara berbatasan langsung dengan Kosovo. Dari ibukota Skopje ke perbatasan, hanya sekitar 20 kilometer jaraknya. Warga negara Indonesia pemegang visa Schengen bisa mengunjungi Kosovo maksimal 15 hari tanpa perlu bikin visa khusus Kosovo lagi. Prishtina, ibukota Kosovo adalah tujuan utama kami. Sekitar 2 jam berkendara dari Skopje. Itu belum dihitung urusan imgrasi di perbatasan Elez Han. Kami belum tahu, bakal menghabiskan waktu berapa lama di sini. Kalau suka, nginep. Gak suka, lanjut ke Bosnia-Herzegovina, lewat Montenegro. (more…)
Proses Aplikasi Evisa Ukraine

Proses Aplikasi Evisa Ukraine

Featured, Info Wisata
Ukraine mereformasi aturan visa bagi warga negara banyak negara untuk masuk ke negeri tersebut. Warga negara Indonesia termasuk yang mendapatkan kemudahan tersebut. Sudah lama Emak mengikuti perkembangan urusan visa masuk bagi warga negara Indonesia ke negara lain. Berita kemudahan seperti ini, membangkitkan rasa bahagia luar biasa. Ukraine tidak terlalu jauh dari Jerman, jika dikunjungi dengan pesawat terbang. Promosi tiket murah ke Kiev atau Lviv beberapa kali nongol dalam radar Emak. (more…)
Kota Tua Skopje

Kota Tua Skopje

Featured, Kisah Perjalanan
Di Skopje, seperti di tempat-tempat lain yang kami kunjungi selama road trip musim panas Semenanjung Balkan, keluarga pelancong ditemani hari-hari cerah dan panas. Yang bisa melebihi 30°C. Alhamdulillah cuaca bagus terus. Namun panasnya kadang tak tertahankan, apalagi di siang hari. Kami jadi punya alasan skip beberapa tujuan wisata yang ingin dikunjungi sebelumnya. Di Makedonia, Emak sebenarnya sudah pengen mampir Matka Canyon. Wisata alam yang tidak terlalu jauh dari Skopje. Tapi kok, males panas-panas gitu berkendara ke mana-mana. Lebih enak cari tempat jalan daerah kota saja, dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Yowes ke pusat Skopje aja. Puas ngeliatin patung-patung, kami menyeberang jembatan ke arah kota tua. (more…)
Seribu Patung Skopje

Seribu Patung Skopje

Featured, Info Wisata
Ketika mencari info tentang kota Skopje di Makedonia, Emak ingat pernah membaca sebuah artikel yang menyatakan bahwa pemerintah Skopje lebih pintar membangun patung dibandingkan membangunan fasilitas umum lainnya buat warganya. Emak hanya tertawa dalam hati. Emang seberapa banyak sih patung di sana. Nyatanya, bener juga warganya. Di pusat kota buanyakkkk sekali patung berbagai ukuran menghiasi. Hampir seharian kami berada di dalam kota Skopje emang ngeliat patung, patung, dan patung lagi. Mulai sebuah taman penuh patung, main square berisi patung seorang terkenal kelahiran Makedonia, hingga jembatan penuh patung berderet-deret. (more…)
Memorial Bunda Teresa Skopje

Memorial Bunda Teresa Skopje

Featured, Info Wisata
Skopje, ibukota Makedonia Utara, berjarak kira-kira sejam perjalanan mobil dari Tetovo, tempat kami meyaksikan dari dekat keelokan Sarena Dzamija. Hari sudah sore, saat kami berangkat dari Tetovo. Sampai di Skopje pasti sudah gelap. Dua malam di Skopje, kami pesan apartemen lewat salah satu langganan kami pesan penginapan. Nyari alamatnya agak membingungkan. Sebab kami berbekal navigasi di hape. Setelah menggunakan GPS (gaul penduduk sekitar), ketemulah apartemen tujuan. Tapi, gak tau gimana masuknya. Gak ada petunjuk di bukti booking. Emak kirim sms ke nomor telefon yang tertera. Tak lama, pemilik apartemen datang, memberikan kunci dan menujukkan kamar. Gotong-gotong koper ke lantai 4 malam-malam. Assoy. (more…)