Tag: Semenanjung Balkan

Jalan Kaki Keliling Pusat Tirana

Jalan Kaki Keliling Pusat Tirana

Featured, Info Wisata, Kisah Perjalanan
Kami sengaja memilih penginapan tak jauh dari pusat kota. Agar gak perlu bawa kendaraan ke pusat kota. Lalu lintas di Tirana agak-agak horor. Pengendaranya suka seenaknya. Pindah-pindah jalur atau belok tanpa menyalakan lampu sen. Dan dua hari di kota ini, kami pulang pergi jalan kaki. Walau jarak dari penginapan ke kota juga gak dekat-dekat amat. Sekitar 20 menit perjalanan kaki. Lumayan olah raga kaki. (more…)
Things to do in Shkoder

Things to do in Shkoder

Featured, Ide Jalan Jalan, Info Wisata
Shkoder adalah kota besar pertama yang keluarga pelancong singgahi di Albania. Ia terletak di ujung utara, dekat dengan perbatasan Albania dengan Montenegro. Selama dua hari dua malam di sini, kami malah lebih banyak menghabiskan waktu di camping ground. Sebab anak-anak maunya berenang dan berenang terus. Sepertiga hari kami habiskan untuk mengunjungi supermarket, dan masjid setempat. Keesokan harinya, sebelum lanjut ke Tirana, kami mampir di sebuah jembatan kuno peninggalan zaman Turki Usmani dan sebuah workshop topeng Venezia. Shkoder kotanya tidak terlalu luas. Penduduknya ramai pas di tengah kota saja. Lalu lintasnya juga. Agak minggir dikir, sudah sepi. Tetap aja kudu ati-ati saat membawa kendaraan sendiri. Kadang ada yang tiba-tiba menyebebrang sembarang, atau ganti jalan gak paka...
Pilihan Akomodasi di Albania

Pilihan Akomodasi di Albania

Featured, Info Wisata
Road trip Keluarga Pelancong di musim panas tahun 2017 termasuk spontan dan tidak banyak perencanaan. Rute keasar memang telah kami tentukan sebelumnya. Akan tetapi, saat dijalani, beberapa berubah. Kami juga tidak terlalu memikirkan, bakal tidur dimana, mau makan apa, dll. Ya kita lihat saja nanti. Alhamdulillah, meski demikian, trip ini Emak nilai sukses. Bahkan ketika high season, liburan musim panas, mencari penginapan mendadak tidak terlalu masalah. Kalau gak ada apartemen, bisa camping ground. Kalau nggak, ya masih ada hostel dan hostel. Pilihan banyak sekali. Pernah juga kami numpang tidur di pom bensin. Parkir mobil beberapa jam di malam hari, trus tidur di dalam mobil. Nggak nyaman memang, tapi setidaknya kami bisa tidur beberapa saat. Selama berada di Albania, kami menginap di...
Traveling ke Albania

Traveling ke Albania

Featured, Kisah Perjalanan
Salah satu keasyikan roadtrip di Eropa adalah dalam sekali dayung, kita bisa mengunjungi beberapa negara sekaligus. Sebab negaranya dempet-dempetan. Satu negara gak terlalu luas. Masih memungkinan dijelajahi dengan mobil. Musim panas tahun 2017, kami alhamdulillah kembali berkesempatan menjelajah Semenanjung Balkan. Mengunjungi beberapa negara sekaligus sekali jalan. Tujuan kami adalah negara-negara yang belum pernah kami sebelumnya: Albania, Makedonia, dan Kosovo. Dari rumah hingga kembali lagi, perjalanan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. (more…)
Stara Maslina, Pohon Zaitun Ribuan Tahun di Montenegro

Stara Maslina, Pohon Zaitun Ribuan Tahun di Montenegro

Featured, Info Wisata
Emak baru mencicipi minyak dan buah zaitun setelah tinggal di Jerman. Dulunya kirain buah zaitun itu kayak buah apel gitu. Yang rasanya manis dan gede ukuran buahnya. Baru ngeliat buah zaitun yang udah diacar di toko Turki mau pun supermarket-supermarket Jerman. Acar zaitun dijual dalam kemasan plastik, gelas, maupun kaleng. Jenis dan warnanya bermacam-macam. Ada yang merah, pink, hijau, coklat, hitam. Ukurannya pun berbeda-beda. Akan tetapi, awal-awal belum tertarik untuk mencicipi. Sampai kemudian diundang makan di rumah teman yang berasal dari Turki.  Pas ngincip, hmmmm, pahit-pahit asem asin. Nano-nano. Kesimpulan Emak, zaitun itu gak enak. (more…)
Masjid Selimija Kota Bar, Montenegro

Masjid Selimija Kota Bar, Montenegro

Featured, Kisah Perjalanan, Soultrip
Dari kota Kotor di Montenegro, kami berencana mampir sebentar di Ulcinj, kota paling selatan negara di tepi Lautan Adriatik ini. Akan tetapi, dari Kotor, hari sudah mulai sore. Kami masuk sebuah camping ground setelah Sveti Stefan. Semalam kemping di tempat yang kurang nyaman, yang kamar mandinya agak-agak horor, gak ada lampunya, kudu bawa senter sendiri kalau mandi malem-malem. Karena kepanasan, Emak tetep pengen mandi di sana. Agak siangan baru kami berkendara lagi. Melewati satu kota bernama Bar. Sekilas kotanya terlihat biasa. Ia memiliki sebuah kota tua bersejarah, tapi kami tak ada waktu mengeksplornya. Tapi, siang hari, menjelang waktu zuhur, kok ngeliat ada tanda Islamic centre atau dikenal sebagai Masjid Selimija/Selime. Beloklah kami. Lho, kok ketemu sebuah masjid megah, baru, d...
Montenegro Revisited

Montenegro Revisited

Featured, Kisah Perjalanan
Melewati negara pegunungan hitam atau Montenegro di tepi Lautan Adriatik, dalam perjalanan menuju Albania, keluarga pelancong tak ingin sekadar lewat. Kesempatan berharga seperti ini harus dimanfaatkan sebaiknya. Meski sudah pernah kemari setahun lalu, kami belum selesai dengan Montenegro. Masih banyak tempat ingin kami sambangi. Emak pun masih terkenang-kenang akan keramahan pemilik Villa Dobrota yang kami inapi. Serta kecantikan unik negeri yang sebagian besar terdiri dari pegunungan ini. (more…)
Keliling Kota Tua Zadar

Keliling Kota Tua Zadar

Featured, Kisah Perjalanan
Kroasia termasuk salah satu negara yang sangat serius menggarap sektor pariwisatanya. Kekayaan alam, budaya, mereka kembangkan, sehingga menarik perhatian banyak sekali orang untuk datang. Plus fasilitas pendukung seperti jalan raya, penginapan, dll, sudah sangat bagus. Semuanya tak hanya digunakan untuk menjaring turis-turis berkantong tebel. Turis bermodal pas-pasan tapi pengen eksis semacam keluarga pelancong pun mereka perhatikan. Tempat-tempat kemping murah meriah punya fasilitas memadai. Dan pantai-pantainya sebagian besar bisa dimasuki gratis. Walau tetep aja, daerah ramai turis seperti Durovnik terasa makin mahal bagi pelancong berpoket pas-pasan seperti kami. (more…)
Road Trip Keluarga Pelancong ke Semenanjung Balkan

Road Trip Keluarga Pelancong ke Semenanjung Balkan

Featured, Kisah Perjalanan
Pengennya sih, liburan musim panas tahun ini mudik ke tanah air. Apa daya, harga tiket ke arah Asean melambung tinggi. Sampai tiga minggu sebelum liburan anak-anak tiba, belum juga ada tanda-tanda harga tiket bakal turun, dan sesuai bujet kami. Padahal, kami perlu juga punya plan B, kalau-kalau gak jadi mudik. Akhirnya, dengan berat hati, rencana mudik kami batalkan. Gak perlu waktu lama buat menemukan plan B tersebut. Udah lama Emak pengen ke Albania. Akan tetapi, ke negara tersebut, jarang ada penerbangan murah dari bandara dekat rumah. Ada penerbangan murah, tapi banyakan dari kota-kota Italia. Kami punya waktu liburan tiga minggu. Cukuplah dipakai road trip ke sana plus mengunjungi beberapa negara lainnya. Hasilnya, kami pun berhasil mengunjungi tiga negara baru: Albania, Makedo...
Wakaf Gazi Husrev Bey di Sarajevo

Wakaf Gazi Husrev Bey di Sarajevo

Featured, Info Wisata
Sarajevo, ibukota negara Bosnia – Herzegovina, merupakan tempat pertemuan budaya timur dan barat di Eropa. Sebuah kota di Eropa dengan nuansa Islam kental. Berjalan-jalan di Bascarsija, kota tua sekaligus jantung Sarajevo, kita akan merasakan suasana Eropa yang berbeda. Suara azan akan berkumandang, bersahutan, lima kali sehari. Menyemarakkan suasana Bascarsija yang tak banyak berubah sejak ratusan silam. Ketika Turki Usmani masih menjadi penguasa negeri ini. Sarajevo mulai berkembang ketika Turki menjadikannya salah satu propinsinya. Gazi Husrev Bey, merupakan salah satu gubernur terkemuka, sekaligus tokoh penting dalam sejarah Bosnia. Beliau lahir di Serres, di Yunani sekarang. Di akhir abad 15 masehi. (more…)